Paruntu Sambut Baik Rencana Jokowi Kucurkan Tambahan 100 Milliar untuk Daerah

Paruntu Sambut Baik Rencana Jokowi Kucurkan Tambahan 100 Milliar untuk DaerahJakarta,Suarasaulutnews.co.id- Pernyataan Presiden Joko Widodo dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Hotel Bidakara Jakarta Rabu (29/4), bahwa pemerintah pusat akan memberikan tambahan anggaran belanja untuk kota dan kabupaten sebesar Rp 100 Miliar, mendapat sambutan positif dari seluruh kepala daerah termasuk diantaranya Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu SE.
“Minsel tentu sambut baik dengan rencana pemerintah pusat dibawah kepemimpinan pak Jokowi-JK. Kalau memang ada tambanhan anggaran untuk pembangunan infrastruktur, sudah tentu warga dan pemerintah kabupaten Minsel akan sangat bersyukur,” ucap Tetty sapaan akrab Bupati Minsel itu. Walaupun ucapan Jokowi ini terkesan bersifat rencana untuk ditata dalam APBN 2016, namun Tetty yakin bahwa pemerintah pusat akan memprogram ini. ” Pak Jokowi-kan menyampaikan bahwa pernyataannya sifatnya mungkin. Tapi bisa mungkin,” kata Tetty mengutip pernyataan Jokowi.
Bahkan lanjut istri tercinta anggota Deprov Sulut Kristovorus Deky Palinggi, SE ini, pernyataan mantan Gubernur DKI Jakarta ini, bahwa tambahan anggaran tersebut diproyeksikan karena akan ada penambahan anggaran Rp 106 triliun untuk pembangunan daerah, jelas-jelas makin terang. “Buktinya, Jokowi mengaku dana ini akan direalisasikan pada APBN 2016 mendatang. Tapi tidak permanen. Bisa saja 2016 diberikan 2017 tidak,” urai Paruntu menjabarkan pernyataan Presiden RI itu.
Hanya saja ada persyaratan yang akan diatur bagi daerah yang akan mendapatkan tambahan anggaran itu diantaranya rapor penyerapan anggaran daerah akan menjadi pertimbangan utama pemerintah pusat untuk memberikan tambahan anggaran, diikuti dengan jumlah penduduk, luas daerah dan realisasi pembangunan. Apalagi, Jokowi menilai bahwa uang daerah habis buat belanja rutin aparatur saja, hanya 18 persen yang digunakan untuk infrastruktur, tutupnya. (jaan)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.