Kakondo Buka Pelatihan Manajemen Pemerintah dan Keuangan Kampung

 Sekda Sangihe, Josephus Kakondo BAE

Sekda Sangihe, Josephus Kakondo BAE

Tahuna,Suarasulutnews.co.id- Plt.Sekda Sangihe, Josephus Kakondo BAE, Selasa (30/06) membuka kegiatan pelatihan manajemen pemerintahan dan keuangan desa. Kegiatan yang difasilitasi  Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sangihe itu, dilaksanakan di Aula GMIST Efrata Tahuna dengan menghadirkan 145 sekretaris desa (Sekdes) se-Sangihe.

Kakondo dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan pelatihan manajemen pemerintah dan keuangan desa sangat baik untuk menambah wawasan Sekdes, apalagi sebagai motor pemerintahan di kampung.

Sekdes wajib menyusun dan melaksanakan kebijakan pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKam), menyusun rancangan peraturan kampung tentang APBKam, perubahan dan pertanggunng jawaban pelaksanaan APBKam, melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan kegiatan yang ditetapkan dalam APBKam, menyusun laporan dan pertanggung jawaban pelaksanaan APBKam, melakukan verifikasi terhadap bukti-bukti penerimaan dan pengeluaran APBKam, menata adminitrasi keuangan kampung secara tertib dan benar serta mengiformasikan pengelolaan keuangan kampung dan pelaksanaan pembangunan kepada masyarakat secara transparan komprehensif dan akuntabel.

Kakondo juga mengingatkan Sekdes harus fokus dalam pekerjaan dan jangan terlalu sungkan dan takut mengingatkan kepala kampung kalau ada kesalahan dalam pengurusan adminitrasi keuangan.

“Demi menata administrasi yang baik, Sekdes jangan sungkan mengingatkan Kapitalaung kalau ada kekeliruan, ternasuk jangan cepat menandatangani sesuatu kalau tidak cukup bukti, karena tandantangan tersebut bisa menjadi bukti hukum ketika dikemudian hari terjadi kesalahan,”tegas Kakondo.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.