Kapolres Minsel jadi pembicara utama dalam Rakor Mapalus

Kapolres Minsel jadi pembicara utama dalam Rakor Mapalus-Amurang-Gedung Waleta Pemkab Minsel, menjadi tempat pelaksanaan rapat koordinasi (rakor) Mapalus Kamtibmas tingkat kabupaten yang disponsori oleh Polres Minsel bekerjasama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab. Minsel.

Rapat Koordinasi ini dilaksanakan dalam rangka memantapkan lagi visi dan misi Mapalus Kamtibmas sebagai garda terdepan dalam penyelesaian permasalahan yang terjadi ditengah-tengah kehidupan masyarakat guna terpeliharanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Kapolres Minsel, AKBP Benny Bawensel,SIK,MH, yang menjadi pembicara utama dalam kegiatan rakor ini, memaparkan data kriminalitas selang bulan Januari hingga bulan Mei tahun 2015 yang terjadi diwilayah hukum Polres Minsel dan peran serta masyarakat dalam menyikapi dinamika atau perkembangan situasi kamtibmas.

Pada kesempatan itu, Kapolres Minsel AKBP Benny Bawensel,SIK,MH, juga memberikan pencerahan mengenai tugas, fungsi dan peran Mapalus Kamtibmas yang sudah dibentuk di masing-masing desa/kelurahan bahkan kecamatan.

Mapalus Kamtibmas sendiri merupakan salah satu Program Unggulan Polda Sulut dan Pemprop Sulut dalam penanggulangan permasalahan/sengketa yang terjadi ditengah-tengah masyarakat.

Mapalus Kamtibmas, sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Gubernur Sulut nomor 8 tahun 2012, dibentuk dalam rangka pelayanan cepat, tepat dan mudah untuk penyelesaian setiap permasalahan/perselisihan maupun sengketa yang terjadi ditengah-tengah masyarakat.

Untuk tingkat desa/kelurahan, Mapalus Kamtibmas ini diisi dari unsur pemerintah desa/kelurahan, Lembaga Masyarakat Desa/Kelurahan, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan tokoh masyarakat.

Diharapkan dengan dibentuknya Forum Mapalus Kamtibmas yang ada di masing-masing desa/kelurahan maupun di tingkat Kecamatan, akan terjalin sinergitas positif dalam kehidupan bermasyarakat guna terciptanya stabilitas keamanan dan ketertiban.

Hadir dalam Rakor Mapalus Kamtibmas ini, Sekda Kab. Minsel Drs. Danny Rindengan, Kajari Amurang Umaryadi,SH,MH, Wakil Ketua DPRD Kab. Minsel Rommy Pondaag, Dandim 1302 Minahasa Letkol Kav. Teguh Heri Susanto, para Camat dan Lurah/Hukum Tua, para Kapolsek, Para Danramil, Bhabinkamtibmas serta Babinsa.

Rakor Mapalus Kamtibmas dimulai pkl. 09.00 wita dan berakhir pkl. 12.00 wita, (Kamis,11/6/2015).

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.