Menko Perekonomian Sebut Bitung Layak Dirikan Industri Pariwisata

sofyan-djalil-menko-perekonomianBitung– Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Sofyan Djalil didampingi Gubernur Sulawesi Utara Dr SH Sarundajang beserta rombongan bertandang di Kota Bitung dan diterima Wakil Walikota Bitung Max J. Lomban, SE, MSi bersama sejumlah pejabat Pemkot Bitung di rumah dinas Walikota Bitung, Sabtu (16/5).

Usai diterima dirumah dinas, rombongan juga melakukan pemantauan di Pelabuhan Perikanan, Pelabuhan Peti Kemas dan Pelabuhan Samudera serta Kawasan Ekonomi Khusus.

Dalam pertemuan Lomban  menyampaikan profil kota Bitung terutama mengenai kesiapan kota Bitung dalam melakukan rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan pengembangan International Hub Port(IHP)juga konektivitas jalan tol yang kesemuanya ini sementara dalam proses pelaksanan strategis.

“Saat ini Bitung siap memajukan daerah khususnya untuk pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara dan terlebih dalam menunjang pertumbuhan ekonomi dan perdagangan Negara-negara di Pasifik, termasuk Indinesia “ungkap Lomban.

Menteri Sofyan Djalil menyampaikan bahwa Kota Bitung memiliki potensi untuk mendirikan industri pariwisata taraf internasional.

Djalil mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Sulut  dan Kota Bitung, dalam rangka perencanaan pembangunan KEK dan percepatan pengembangan IHP, perlu didongkrak pula dengan industri pariwisata.

“Menurut saya letak posisi kota Bitung sangat berpotensi dan layak serta mudah dikembangkan lewat berbagai aspek pembangunan terutama bidang industri pariwisatanya”, ujar jelas Djalil.

Ditambahkannya, jika Bitung dijadikan daerah industri pariwisata maka perlu ada pembenahan terutama segi lingkungan, dan kawasan hutan dan kelestarian kebersihan pantai dan laut agar dijaga biar tidak tercemar.

“sebab jika ini dilaksanakan maka kedepan Bitung pasti jadi baik dan lebih maju, apalagi dibarengi dengan adanya KEK dan IHP tentunya banyak investor yang datang di Bitung dan ini pasti akan menambah peningkatkan SDM di Bitung, “ ungkap Djalil.

Gubernur Sarundajang menambahkan, kemajuan Bitung merupakan era kebangkitan Sulawesi Utara sebab Pemerintah Tiongkok telah menyetujui rencana pembangunan perekonomian Sulut dengan ditandatanganinya nota kesepahaman antara Pemerintah Tiongkok dengan Pemerintah RI. (08

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.