Pemda Gelar Festival Budaya Tahun 2015

Pemda-Gelar-Festival-Budaya-Tahun-2015Boroko– (21/05) Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH menghadiri acara Festival Budaya Daerah Sulawesi Utara 2015 dengan tema Keragaman Budaya Daerah sebagai Pemersatu Bangsa yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sulawesi Utara bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bolaang Mongondow Utara bertempat di Lapangan Kembar Boroko.

Sambutan Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sulawesi Utara Drs. Rusli Marore mengatakan budaya daerah merupakan aset penting yang harus dijaga sehingga dibutuhkan usaha-usaha dalam melestarikannya. Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sulawesi Utara akan memberi dorongan kepada Pemerintah Daerah untuk bekerja sama dalam melestarikan adat dan budaya daerah, seperti pembuatan Desa Adat.

Sementara itu, dalam arahanya Bupati mengapresiasi semua pihak yang telah menyelenggarakan festival ini. Bupati mengatakan Bolaang Mongondow Utara merupakan daerah yang memiliki kekayaan adat dan budaya, karena daerah ini merupakan gabungan dari 2 (dua) eks suapraja, Kaidipang Besar dan Bintauna. Bupati juga memberi masukan kepada Balai Pelestarian Nilai Budaya untuk mengangkat Budaya Bolaang Mongondow Utara agar menjadi aset kebudayaan yang ada di Provinsi Sulawesi Utara dan menegaskan bahwa Boaang Mongondow Utara dan adat Budayanya adalah bagian dari Sulawesi Utara.

Acara dimeriahkan dengan pementasan seni dan budaya Bolaang Mongondow Utara, diantaranya tari Sosilago, musik kulintang, tari Monalu, tari Giomu, tari Monamoto Tamu, tari Tinggulu, Hadra Tradisional dan lain-lain. Dan penampilan tari maengket dan Musik Kulintang yang dibawakan oleh Sanggar Siamosera.

Acara dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara KAREL BANGKO, SH Dan anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara SURIANSYAH KOROMPOT, SH., Sekretaris Daerah Bolaang Mongondow Utara Drs. REKY POSUMAH, M.Si, Ketua Forum Budaya Provinsi Sulawesi Utara Sinyo Mononutu, Ketua Aliansi Adat Bolaang Mongondow Utara, Ketua TP-PKK Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Dra. Hj. Ainun Pontoh-Talibo, Ketua DWP Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Dra. Hj. Leida Posumah-Pontoh, M.Si, Tokoh adat dan tokoh Masyarakat Bolaang Mongondow Utara.(Andi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.