Pemkab Dukung Keserataan Gender

Wabub Yanni TuukTuuk : Perempuan Di beri Kesempatan Untuk Turut Membangun Daerah

Bolmong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), yang di pimpin Bupati Hi Salihi Mokodongan dan Wakilnya Yanny Ronny Tuuk STh MM, memberi perhatian serius tentang konsep program kesetaraan gender.Hal itu sebagaimana yang di sampaikan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk STh MM Kepada, Senin (8/6).

Menurut Yanny Tuuk dalam rangka mensukseskan pembangunan di Bolmong, Pemkab sangat membutuhkan konsep, ide-ide dan gagasan dari perempuan.

“Peran perempuan dalam mensukseskan pembangunan sangat dibutuhkan,” kata Tuuk.

Bahkan keseriusan ini, dirinya mencontohkan beberapa waktu lalu, Pemkab Bolmong, mengelar kegiatan sosialisasi dan advokasi program kesetaraan gender.

“Gender sebagai strategi nasional di laksanakan oleh semua instansi pemerintah lintas sektor di setiap kabupaten dan kota, ini guna menghasilkan program-program yang responsif gender dan program pembangunan di berbagai bidang,” terang Tuuk.

Lanjutnya, kegiatan tersebut sebagai upaya mendukung pelaksanaan. Instruksi Presiden Nomor: 9 Tahun 2000 (Inpres No:9/2000) Tentang Strategi Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Nasional dan
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor:67 Tahun 2011 (Permendagri No:67/2011) Tentang Perubahan Permendagri No:15/2008 Tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Daerah.

“Tujuan pelaksanaan sosialisasi dan advokasi untuk memberikan pemahaman gender dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender, guna mendukung kemajuan suatu daerah. Sasaran lainya adalah, untuk penguatan kelembagaan,” tutur Tuuk.

“Hasil yang diharapkan dalam kegiatan ini agar meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pengarusutamaan gender sekaligus penguatan kelembagaan tentang pengarusutamaan gender dalam pembangunan daerah,” katanya lagi.

Didalam tubuh Pemkab Bolmong sendiri kata Tuuk, ada sejumlah SKPD dipimpin seoran Gender.
Dan berhasil menciptakan suatu konsep kerakyatan serta mereka mampu meminpin instansi yang dipimpinnya.

“Yang pasti hingga detik ini Saya dan Bupati Bolmong sangat menghargai dan memberi kesempata untu Perempuan siapasaja yang memiliki konsep kemudian ingin berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan. Makan kami sangat Welcome,” Tutupnya.(Sulhan)

 

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.