Sangihe Segera Menuju Swasembada Barito

Tahuna- Sektor pertanian tetap menjadi prioritas daerah seperti pengembangan jenis tanaman pangan berupa bawang, rica, dan tomat (barito). Bahkan, orang nomor satu di jajaran Pemkab Sangihe Drs HR Makagansa MSi sebagaimana yang disampaikan oleh Kaban BP4K Sangihe H Salindeho, merasa optimis dalam waktu yang singkat, Sangihe bakal tak lagi mengimpor cabe atau rica dari daerah lain.

“Memang harus dikaui berbagai kebutuhan pokok seperti rica, bawang, ataupun tomat masih kita pasok dari luar daerah. Namun, melihat perkembangan sektor pertanian khususnya jenis tanaman pangan, saya optimis dalam kurun waktu yang tidak lama lagi kita akan segera memenuhi kebutuhan kita sendiri atau swasembada,”ujar  Salindeho, Ia pun mencontohkan , Kampung Raku yang berada di wilayah Kecamatan Tabukana Utara, dapat dipakai sebagai salah satu indikator bakal tercapainya swasembada barito di Kabupaten Sangihe.

“Hasil panen di Kampung Raku misalnya, semakin mempertegas keyakinan kami bila nantinya suatu saat Warga Sangihe tidak lagi harus membeli rica atau kebutuhan pangan lainnya dari luar daerah. Tapi kita sudah membelinya dari tempat kita sendiri, sehingga lebih menghemat dari sisi cost atau biaya,”ungkapnya.

Ditempat terpisah, Wabup Sangihe Jabes E Gaghana ME, memberi apresiasi bagi para petani di daerah yang terus berupaya mengembangkan dan menggeluti berbagai jenis tanaman pangan.

“Kalau boleh tidak hanya barito saja kita bisa swasembada, tetapi juga berbagai jenis kebutuhan pangannya seperti tanaman umbi-umbian, dan beragam jenis pangan lainnya juga jadi target kita ke depan. Karenanya, atas nama masyarakat dan pemerintah kami menyampaikan terima kasih bagi para petani yang terus berjuang dan berkarya dalam mengembangkan produksinya,” tukas Gaghana.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.