Tuntut Lantik Kapitalaung,Warga Talengen Datangi Kantor DPRD Sangihe

warga Talengen datangi kantor dewan

Warga Talengen Datangi Kantor Dewan

Tahuna-Untuk kesekian kalinya datang membawakan aspirasinya ke kantor DPRD Sangihe, tuntutan warga Talengen untuk segera memiliki kapitalaung (Kepala kampung) diiyakan Pemkab Sangihe. Hal itu terungkap pada rapat dengar pendapat, Senin (09/06) ketika aspirasi puluhan warga yang menginginkan kapitalaung terpilih, Man Lahopang dilantik, mendapat dukungan pimpinan dewan yang disuarakan Wakil Ketua DPRD Risal Paul Makagansa (RPM).

Bupati Drs. H.R. Makagansa MSi (HRM) sendiri langsung setuju atas pendapat pimpinan dewan, dengan asumsi sebagai bentuk penghargaan atas semangat kebersamaan serta kemitraan yang selama ini terjalin antara eksekutif dan legislative.

”Kalau Pak Paul Makagansa sudah menyuarakan Kapitalaung Talengen bisa dilantik, pembicaraan kita saat ini sudah selesai, tinggal prosesnya dan hal teknis yang akan kita tindak lanjuti,”kata Bupati.

Tidak hanya menyetujui Lahopang dilantik, Bupati juga langsung mengiyakan ketika Makagansa (RPM) kembali mengusulkan Lahopang yang notabene berstatus PNS itu, juga dilantik menjabat kapitalaung sementara sambil menunggu proses pelantikkan kapitalaung definitif.

Meski telah dicapai solusi positif, diawal-awal rapat sempat terjadi perdebatan sengit, ketika Makagansa (RPM) langsung mempresure Asisten I Drs. Irklis Sombonaung yang ketika itu mencoba memberi kesan adanya ketidak sesuaian aturan pada mekanisme pemilihan Kapitalaung Talengen.

”Maaf, pak Asisten I jangan lagi mengangkat soal teknis pemilihan, ini hanya membingungkan warga, justru saat ini kita harus sama-sama mencari solusinya,”tegas Makagansa.

Serangan serupa juga datang dari anggota dewan Dolfuto Jones Taramen,”Kalau memang mekanismenya tidak sesuai aturan, mengapa saat pemilihan kapitalaung tidak dihentikan dan dibiarkan Pemdes maupun Pemerintah Kecamatan,”tegas Taramen.

Sementara diakhir rapat, Bupati juga berjanji dalam waktu sepekan berbagai administrasi untuk persiapan pelantikkan penjabat kapitalaung Talengen akan segera ditangani instansi teknis.(fb)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.