Kota Sehat, Bitung Siap Hatrick Swastisaba Wistara

Sekretaris Kota Bitung, Drs Edison Humiang,MSi

Sekretaris Kota Bitung, Drs Edison Humiang,MSi

BITUNG,Suarasulutnews.co.id – Setelah berhasil meraih penghargaan Kota Sehat tertinggi Swastisaba Wistara pada tahun 2013 untuk yang kedua kalinya, kini Kota Bitung telah siap untuk meraih hatrick Swastisaba Wistara yang ketiga kalinya.

Hal ini dibuktikan dengan telah dilakukannya pembenahan serta persiapan lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan lintas sektoral, sejak beberapa bulan berselang. Bahkan persiapan terkahir manakala Pemkot Bitung menggelar rapat evaluasi dan koordinasi persiapan penilaian Kota Sehat, Jumat (24/7) di ruang rapat Kantor Bappeda.

“Semua SKPD, kelurahan dan kecamatan serta forum kota sehat di di tingkat kota, kecamatan, dan kelurahan harus segera melakukan koordinasi dan pembenahan untuk persiapan penilaian, Bitung telah dua kali merebut Swastisaba Wistara sebagai penghargaan kota sehat tertinggi di Indonesia, dan sangat berharap akan membuat hatrick atau merebutnya yang ketiga kalinya,” ujar Sekretaris Kota Bitung, Drs Edison Humiang,MSi.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung, dr Vonny Dumingan,MKes didampingi Kabid Pengendalian Penyakit dr Elisabeth Sompotan dan Kabid Pelkes dr Lucky Kromo saat menggelar rapat bersama pengurus Forum Kota Sehat (FKS) Kota Bitung, menjelaskan bahwa penilaian oleh Tim Penilai dari  Kementerian Kesehatan akan langsung dihadiri oleh Dirjen P2PL (Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan). Penilaian akan dimulai pada tanggal 27-30 Juli 2015.

“Kami baru menerima kabar bahwa pada hari Senin 27 Juli Ibu Dirjen P2PL akan dating ke Bitung berkaitan dengan penialaian Kota Sehat dan selanjutnya pada Selasa 28 Juli para Tim Penilaio dari kemenkes akan turun melakukan penilaian di Bitung,” jelas Dumingan.

“Kami berharap semua yang terkait dapat mempersiapkan diri terutama yang menjadi lokus penilaian antara lain di Pasar Pinasungkulan Sagerat, Terminal Tangkoko, sumber air di Danowudu dan lainnya,” himbau Dumingan.

Seperti diketahui Kota Bitung sejak tahun 2007 Bitung berhasil meraih penghargaan Kota Sehata Swastisaba Padapa dan pada tahun 2009 naik lagi meraih Swastisaba Wiwerda, kemudian pada tahun 2011 dan 2013 berturut-turut meraih Swastisaba Wistara sebagai penghargaan Kota Sehat tertinggi di Indonesia. (diane)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.