Mantiri Mundur, Nasdem-PDIP Usung MJL-JK

BITUNG,Suarasulutnews.co.id – Konstalasi politik menjelang Pilkada Kota Bitung bergulir dinamis dan pasangan calon walikota dan wakil walikota yang diusung  hampir setiap waktu berubah.

Jika sebelumnya Hengky Honandar (H2) yang diusung oleh PKPI dikabarkan akan berpasangan dengan sejumlah nama seperti Santi G Luntungan, Nabsar Badoa, Denny H Sumolang bahkan dengan Maya Dundu, ternyata terjadi hal yang tak diduga justru Honandar berpasangan dengan Fabian Kaloh (FK) yang nota bene Asisten I Setda Kota Bitung.

Hal ini pula terjadi dikubu Partai Nasdem dan PDIP. Sebelumnya Maximilian J Lomban (MJL) yang diusung oleh Nasdem akan berpasangan dengan Maurits Mantiri (MM) dari PDIP, bahkan santer pada malam sebelumnya telah diplenokan di tingkat pusat, tiba-tiba berubah secara tak terduga menyusul mundurnya Maurits Mantiri  dan secara tak terduga pula digantikan oleh Jondries Kansil (JK).

Tidak diketahui secara pasti alasan mundurnya MM, namun kabar yang berkembang mundurnya Mantiri ini, karena menyangkut sikap atau prinsip yang dipegang teguhnya yakni hanya mau dicalonkan sebagai walikota bukan wakil walikota.

“Iya, saya hanya mendaftar sebagai calon walikota, dan itu juga merupakan penugasan yang diberikan oleh partai karena itu saat diminta menjadi wakil walikota, saya putuskan untuk mundur. Ketika pleno menanyakan siapa pengganti, saya sebut Jondries Kansil. Jadi sudah diputuskan dipleno pasangan MJL-JK,” jelas Mantiri saat dihubungi, Kamis (23/7) sekitar pukul 16.00 mengaku masih di Jakarta.

Ditanya pengunduran dirinya karena adanya tekanan, Mantiri membantah karena hal itu menyangkut prinsip dan komitmen-komitmen yang sudah dibangun dengan banyak pihak selama ini yang harus dipegang teguh, dimana politik itu bukan abu-abu sebagaimana yang dianggap, tetapi nilai-nilai  integritas dan moralitas tetap harus tercermin di dalamnya.

“Saya mundur dari pencalonan ini dan akan tetap membangun Kota Bitung bersama dengan semua pihak, dengan Partai  atau bukan, itu bukan masalah,” pungkasnya.

Di pihak lain, Wakil Ketua DPD Partai NasDem Bitung, Alexander Wenas membenarkan pengunduruan Maurits Mantiri untuk berpasangan dengan MJL yang diusung oleh Nasdem. “Iya saya baru dapat kabar dari Pusat, Pak Maurits Mantiri sudah mundur dan pasangan berubah menjadi MJL dan Jondries Kansil,” papar Wenas. (diane)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.