Pemkot dan Polres Gelar Rakor Kamtibmas

Bitung,

Pemkot dan Polres gelar Rakor Kamtibmas

Pemkot dan Polres gelar Rakor Kamtibmas

Suarasulutnews.co.id– Pemerintah Kota Bitung menggelar rapat koordinas tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) bersam Polres Bitung, Selasa (21/7).

Rapat Koordinasi dipimpin Sekretaris Daerah Kota Bitung Drs Edison Humiang,MSi bersama Wakapolres Bitung Kompol Bargani,SIK didampingi Assisten I Setda Pemkot Bitung Fabian Kaloh,SIP,MSi.

Rapat yang berlangsung di Balai Pertemuan Umum (BPU) kantor walikota, dihadiri Kapolsek se Kota Bitung, para Camat dan seluruh Lurah di Kota Bitung.

Dalam kesempatan tersebut, Humiang menginstruksikan kepada seluruh Camat dan Lurah untuk melakukan pemantauan di wilayah masing-masing.

“Kalau didapati  ada orang baru, segera mencari tahu asal usulnya. Dan juga mengkoordinaskan bersama aparat kepolisian,” tegas Humiang.

Lebih jauh Humiang menegaskan, Camat harus lebih pro aktif melakukan dialog guna mencari solusi isu-isu yang berkembang.

“Kalau mendapati ada kegiatan yang bersifat kumpul-kumpul di wilayah tanpa tujuan yang jelas harus dicegat,” tandas  Humiang.

Setelah pertemuan,  Camat dan Lurah segera melakukan rapat internal.

“Lurah juga harus membuat rapat dengan Pala dan RT, untuk meminta informasi dan kemudian dilaporkan kepada Camat dan begitu selanjutnya,” kata Humiang.

Intinya,  Camat maupun Lurah harus lebih pro aktif dengan melakukan pendataan di wilayah secara santun.

Sementara itu, Wakapolres Bitung Kompol Bargani SIK menambahkan, dalam hal melakukan pencegahan, perlu ditingkatkan patroli atau pemantauan di wilayah masing-masing kecamatan maupun kelurahan.

“Begitu juga dengan para Kapolsek untuk melakukan pemeriksaan KTP atau indentitas di seluruh wilayah kerjanya, serta koordinasi dengan aparat pemerintah,” tambahnya.

Segera mungkin menangkal isu-isu yang bisa memprovokasi masyarakat.

“Saat ini sudah banyak isu yang memprovokasi, sehingga meresahkan masyarakat. Perlu disampaikan kepada masyarakat bahwa, isu-isu ini tidak benar,” katanya.

Wakapolres juga menghimbau kepada Camat maupun Lurah untuk dapat mengaktifkan kembali Pos Kamling di wilayahnya masing-masing.

“Segera melaporkan kepada pihak kepolisian jika ada isu-isu yang meresahkan,” tandasnya.Hadir pula sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemkot Bitung.(diane)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.