Bupati Tetty Bagikan Pohon Gaharu Kepada warga Minsel

Bupati Christiany Euginia Paruntu,SE membagikan Bibit Pohon Gaharu kepada masyarakat di desa Lindangan 5 Pohon setiap Kepala Keluarga

Bupati Christiany Euginia Paruntu,SE membagikan Bibit Pohon Gaharu kepada masyarakat di desa Lindangan 5 Pohon setiap Kepala Keluarga

AMURANG, Suarasulutnews.co.id-Program Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan di tahun 2015 oleh Bupati Christiany Euginia Paruntu,SE,untuk penyaluran bibit pohon yang bernilai ekonomis yang sangat tinggi,ternyata itu sudah mulai dilakukan penyaluran kepada warga Minsel.Ini juga adalah upaya untuk mendukung program menanam satu milliard pohon yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Bupati Minahasa Selatan Christiany Euginia Paruntu,SE, bersama jajaran pemkab Minsel,terus berupaya menjadikan Daerah Minsel sebagai daerah percontohan di Sulut.Buktinya penyaluran Pohon Gaharu kepada warga Minsel dengan program 5 pohon Gaharu untuk satu keluarga sudah dibuktikan.

Pada saat menghadiri Kebaktian Kebangunan Rohani di Desa Lindangan kecamatan Tompaso Baru.Bupati Tetty menyalurkan Bibit Pohon Gaharu kepada warga dan jemaat.

”Ini akan dibagikan kepada setiap kepala keluarga sebanyak 5 pohon,” ujar Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Minsel, Frans Tilaar.

Dikatakan Tilaar, program yang merupakan terobosan Bupati Paruntu, dimaksudkan agar masyarakat Minsel, belajar berinvestasi melalui Pohon Gaharu. Program ini dianggarkan pada APBD Minsel Tahun 2015, sebesar Rp4 Milyar.

“Masa panen Pohon Gaharu, melalui rekayasa teknologi mikroba pembentuk Gaharu sudah bisa ditargetkan 10 Tahun sudah bisa dipanen,” terang Tilaar.

Jika diasumsikan setiap pohon menghasilkan 10-15 kilo Gaharu, dengan harga per-kilonya bisa mencapai 15-17 juta rupiah, belum termasuk batang pohonnya yang dapat digunakan sebagai dupa, bisa menghasilkan 40 juta rupiah. Jadi dalam waktu 10 Tahun, Pohon Gaharu ini minimal bisa menghasilkan Rp50 juta per pohon.

“Teknisnya nanti dapat dibaca di brosur yang akan dibagikan. Adapun produk Gaharu antara lain parfum, wine, lotion dan aroma therapy,” tambah Tilaar.(jaan)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.