Warga Sangihe Diminta Waspadai Cuaca Ekstrim dan Kemarau

Bupati Kabupaten Sangihe, Drs. H.R. Makagansa MSi

Bupati Kabupaten Sangihe, Drs. H.R. Makagansa MSi

TAHUNA,Suarasulutnews.co.id-Menyusul sedang berlangsungnya cuaca ekstrim yang telah berlangsung kurang lebih sepekan, Bupati Kabupaten Sangihe, Drs. H.R. Makagansa MSi melalui Kabag Humas Elenita Kapal SE,MSi meminta warga mewaspadainya.

Bagi kalangan nelayan juga diimbau untuk tidak berspekulasi hingga ke laut lepas dalam melakukan aktifitas memancing.

”Mengingat kondisi cuaca yang saat ini sedang tak bersahabat, saya berharap warga terus mewaspadainya, termasuk kalangan nelayan jangan berspekulasi memancing hingga ke laut lepas disaat kondisi angin dan ombak yang akhir-akhir ini tak menentu,”imbau Bupati.

Kewaspadaan yang sama juga diingatkan Bupati dalam mengahadapi musim kemarau yang masih berlangsung hingga saat ini. Ia meminta warganya jangan sembarangan melakukan penebangan pohon yang justru bisa mengancam ketersediaan air tanah serta jangan sembarang membakar rumbut di kebun apalagi meninggalkan saat api sedang menyala, termasuk berhati-hati memasang lilin ketika listrik padam.

”Ditengah musim kemarau yang cukup panjang, saya juga meminta warga turut mewaspadainya, termasuk jangan sembarang menebang pohon dan berhati-hati ketika sedang membuat api saat membakar rumput dan memasag lilin saat listik padam,”kata Bupati.

Sementara terkait cuaca ekstrim, mengaharuskan jadwal keberangkatan kapal, khususnya kapal cepat yang berangkat pada pagi hari mengalami penundaan, seperti KM Ekspres Bahari dan KM Majestic Kawanua yang seharusnya berangkat pada hari Kamis, ditunda berangkat pada Jumat pagi (07/08) kemarin.

”Ada 2 kapal cepat yang terpaksa ditunda keberangkatannya karena cukup tingginya gelombang laut,”ungkap KTU Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna, Robby Yohanes.(fb)

Tags:
author

Author: