Bupati Buka Kegiatan Pramuka Se-Bolmong di Lolak

BOLMONG,Suarasulutnews.co.id- Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Hi Salhi Mokodongan membuka kegiatan Pramuka se Kabupaten Bolaang Mongondow.

Dalam pembukaan tersebut,nampak turut di hadiri oleh Perwakilan dari Komandan Kodim 13O3, Perwakilan Kapolres Bolmong, Perwakilan Komandan Armed Bogani Lolak,para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong.Para Pengurus Cabang Kuwartir Gerakan Pramuka Bolaang Mongondow selaku Pelaksana kegiatan yang di Ketuai oleh Muhamad Yudha Rantun.

Pantauan Suarasulutnews.co.i,dalam Sambutanya Bupati Salihi Mokodongan mengatakan kalau Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatan penunjang bagi pendidikan di sekolah maupun dalam lingkungan Keluarga.

“Kegiatan Kepramukaan bertujuan untuk meningkatkan disiplin, persaudaraan, keterampilan, Bakti pada orang tua, guru dan masyarakat,”ujarnya.

Hal ini tentunya, sangat sejalan, dengan upaya peningkatan kualitas Sumber Daya manusia(SDM), yang terus kita lakukan. Dimana, Gerakan Pramuka merupakan suatu sistem pendidikan nonformal, yang membantu dan melengkapi pendidikan Formal.

“Gerakan Pramuka adala sebuah gerakan yang membentuk watak, karakter dan keperibadian Generasi Muda Bangsa, yang merupakan kegiatan Extrakurikuler di luar sekolah, tempat menempah keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin, serta membina semagat kebersamaan,”ucapnya.

Menurutnya, Gerakan pramuka, menjadi wahana untuk mewujudkan warga bangsa yang berkepribadian, berwatak dan memiliki jiwa bela negara serta berpegang teguh pada Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

“Sesuai dengan sifatnya yang kompetitif, dan berorientasi pada peningkatan sumber daya anggota gerakan pramuka, kegiatan kema bakti Prramuka 2015 ini sangat potensial menjadi sarana pengembangan wawasan dan keterampilan, serta wahana pemberdayaan potensi kecerdasan, dan kepekaan sosial sesama anggota Gerakan Pramuka,”ungkapnya.

Bupati juga berpesan kepada seluruh peserta.Pertama : Jadi kanlah kema bakti pramuka kali ini sebagai sarana belajar, berkarya dan membangun semangat kesatuan sebagai sesama anak bangsa, manfaat kanlah kegiatan perkemahan ini untuk menjalin persahabatan dan kebersamaan di antara sesama anggota pramuka.

Kedua : Ikutila seluru kegiatan Pramuka itu dengan menyerap pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan seluas-luasnya. Sehingga sepulangnya dari kegiatan Pramuka. Anggota pramuka dapat menyebarkan pengetahuan dan keterampilan dan pengalama kepada teman-teman di sekolah masing-masing.

Ketiga : Tanamkan kebanggan sebagai anak Indonesia, giatlah belajar dengan tekun dan rajin, tingkatkan ketaatan beribadah disertai dengan aktifitas oleh jiwa dan olah raga, hormati orang tua dan guru-guru kaliann pererat persahabatan dan keakraban dengan sesama teman.

Keempat : jadilah remaja yang aktif, kreatif dan enerjik, jauhi kegiatan yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan, ajaklah rekan-rekan untuk mengisih Kegiatan dan waktu luang di luar jam sekolah dengan kegiatan yang bermanfaat, yang dapat di jadikan sebagai bekal ketika dewasa nanti, persiapkan diri dengan baik, untuk melanjutkan kepemimpinan di daerah ini, di masa yang akan datang.

Ia juga berpesan kepada Ketua dan pengurus Cabang Kuwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bolmong, secara khusus berpesan untuk melanjutkan refitalisasi gerakan Pramuka, berikan dukungan dan fasilitasi, baik pada pembentukan dan perluasan gugus depan berbasis sekolah, maupun komunitas di seluruh pelosok Bolmong. kedepankan prinsip dan metode kepramukaan yang universal, perkokoh gerakan pramuka sebagai bagian dari sistim pendidikan nasional bagi kaum muda yang dapat mencetak bibit unggul pemimpin masa depan bangsa.

“Jadikan gerakan pramuka sebagai pelindung kaum muda dari berbagai ancaman, seperti aksi kekerasan, radikalisme, terorisme, serta penyalagunaan narkoba,”Kata salihi.

Sebelum membuka kegiatan tersebut dengan resmi,diakhir sambutanya salihi juga mengucapkan terima kasih kepada Anggota majelis pembimbing kuwartir cabang gerakan pramuka Bolmong, ketua dan Pengurus Kuwartir Cabang Gerakan Pramuka Bolmong, Para pembina pramuka se-Bolmong,seluruh peserta Pramuka 2015 serta seluruh yang terkait pada pelaksanaan kegiatan tersebut.

Usai upacara pembukaan, Kegiatan tersebut, Bupati di dampingi unsur Muspida melakukan peninjauan Tenda peserta Pramuka. (Sulhan)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.