Gubernur Keluarkan Lima Himbauan Terkait Dengan Fenomena Iklim

MANADO,Suarasulutnews.co.id-Penjabat Gubernur Sulut Dr Sumarsono MDM didampingi Isteri Ny Tri Rachayu Sumarsono,  unsur forkopimda Sulut, serta instansi terkait usai melakukan peninjauan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kawasan gunung lokon tomohon, Kamis lalu, langsung menggelar rapat koordinasi di Kota Tomohon.  Dari hasil rakor tersebut, Gubernur Sumarsono telah mengeluarkan lima himbauan kepada masyarakat di Provinsi Sulut, terkait dengan fenomena iklim saat ini yang rentan terjadinya kebakaran.

Lima himbauan Gubernur tersebut, agar pemerintah kabupaten/kota membentuk satgas pengendalian kebakaran hutan dan lahan di tingkat kabupaten/kota sampai di tingkat desa dan kelurahan dengan melibatkan unsure pemerintah/dinas terkait, TNI, Polri, ormas, relawan serta instansi/ organisasi terkait lainnya. Selalu melakukan himbauan dan penyuluhan dilapangan perihal pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Melakukan patrol yang intensif pada daerah-daerah yang rawan kebakaran terutama dikawasan wisata dan areal yang terdapat banyak aktifitas warga. Segera melakukan pemadaman jikalau terjadi kebakaran hutan dan lahan (first responder) dan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait baik diprovinsi maupun pusat, dan melaporkan kejadian sesuai mekanisme yang ada.

Dalam kesempatan itu, Sumarsono juga turut mengimbau bagi perusahaan pemegang konsesi pemanfaatan dan penggunaan kawasan hutan, bertangungjawab terhadap kebakaran hutan di wilayah kerjanya dan wajib mempersiapkan sarana dan prasarana pengendalian antara lain menara pemantau, peralatan pemadaman api dan regu pemadaman kebakaran DSB. (Kabag humas Roy Saroinsong SH selaku jubir pemprov).

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.