2020 Pemkab Sangihe Targetkan Bebas Sampah

Bupati Sangihe Drs HR Makagansa

Bupati Sangihe Drs HR Makagansa

TAHUNA,Suarasulutnews.co.id- Pada tahun 2020 Pemkab Sangihe menargetkan wilayahnya kawasan bebas sampah. Hal ini ungkapkan Bupati Sangihe, Drs HR Makagansa, kepada sejumlah wartawan belum lama ini. Kawasan bebas sampah tersebut kata Bupati, juga bagian dari Pemkab Sangihe mendukung sekaligus mensukseskan program Pemerintah Pusat.

“Kita komit mendukung seluruh program pemerintah pusat, termasuk menyukseskan program bebas sampah di tahun 2020 mendatang.Sangihe harus bersih dan harus dapat memproduksi atau mendaur ulang berbagai jenis sampah menjadi bahan yang bermanfaat sekaligus memiliki nilai ekonomis,”ungkap Makagansa.

Lanjut dikatakannya, terkait program bebas sampah, Pemkab Sangihe mendapat alokasi anggaran dari pemerintah pusat guna pembangunan tempat pembuangan sampah (TPS) terpadu, dimana satu unit TPS dihargai sebesar Rp 500 juta.

“Teknis penanganannya diserahkan kepada instansi terkait, dan proyeknya akan dikerjakan secara swakelola oleh kelompok masyarakat,”kata Makagansa.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sangihe, Drs. Ch. Hangau ketika dihubungi turut membenarkannya.

“Benar, total ada 6 kecamatan yang mendapat proyek TPS, yaitu Kecamatan Tahuna Timur, Manganitu, Tamako, Tabukan Selatan, Tabukan Utara, dan Tabukan Tengah. Nantinya setiap kecamatan akan didampingi oleh 1 orang fasilitator sebagai tenaga pendamping,”ujar Hangau sembari menambahkan, dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat itu setiap wilayah di Kabupaten Sangihe kiranya termotivasi menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.