Budaya Asli Daerah Minsel Mulai Dikikis Zaman Moderen

Salah satu Budaya di Kabupaten Minsel Tarian Maengket

Salah satu Budaya di Kabupaten Minsel Tarian Maengket

AMURANG,Suarasulutnews.co.id-Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas. Negara ini merupakan Negara maritim dan hal tersebut membuat bangsa ini kaya akan seni dan budaya. Seiring perkembangan zaman, budaya mulai terkikis oleh perkembangan teknologi yang sudah serba modern. banyak budaya lain yang saat ini sudah semakin di tinggalkan,namun ada beberapa budaya yang masih cukup bertahan menghadapi gentirnya perkembangan zaman saat ini salah satunya adalah Tarian Kabasaran dan Maengket.

Kepada Media ini, warga Minsel Bobby Patyranie mengatakan, soal Budaya asli yang ada di daerah Minsel jangan ada budaya yang ditinggalkan.

“Berkembangnya satu Daerah itu karena budaya.Oleh sebab itu kita jangan meninggalkan budaya asli,”kata Bobby yang juga selaku panglima ‘JOSUHA’kabupaten Minsel.

Lanjut Bobby Budaya asli daerah seharusnya terus dipertahankan, jangan hanay dibiarkan begitu saja, dan seharusnya ada topangan dan bantuan dari pemerintah,”Jika tidak maka saya pastikan aka nada budaya yang akan dilupakan serta ditinggalkan oleh warganya.Kasihankan jika budaya asli tersebut tidak lagi dikembangkan,”katanya.

Dirinya mengharapkan kepada pemerintah agar melakukan terobosan sehingga Budaya Asli Daerah bisa berjalan sebagaimana mestinya.

“Dan itu bisa dikembangkan agar nantinya Daerah Minsel akan lebih berkembang dengan baik, karena adanya budaya asli daerah sendiri,”harapnya.

Kepala Dinas Parawisata Drs.Sonny Maleke, saat dikonfirmasi oleh media ini soal Budaya beberapa pecan lalu mengatakan, dirinya akan berusaha untuk mengembangkan budaya daerah.

“Hanya saja sangat minim anggaran di Dinas Parawista.Tetapi kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan terobosan mengenai budaya asli daerah.”kata Maleke.(jaan)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.