Humiang Ingatkan Bahaya Kebakaran Hutan di Musim Kemarau

BITUNG,Suarasulutnews.co.id – Sekertaris Daerah Kota Bitung Edison Humiang menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat kota Bitung agar  tetap waspada dalam menghadapi musim kemarau yang dapat meningkatkan potensi rawan kebakaran.

“Kalau  iklim seperti kemarau ini, intensitas kebakaran jadi lebih tinggi,” kata Humiang.

Menurut Humiang, banyaknya musibah kebakaran yang terjadi di beberapa daerah di musim kemarau ini harus menjadi perhatian masyarakat. “potensi terjadinya kebakaran pada musim kering ini akan semakin besar dibanding musim hujan, maka bisa dikatakan ancaman kebakaran pada musim kemarau akan semakin meningkat,” jelasnya
Humiang menghimbau agar masyarakat harus  meningkatkan kewaspadaan, mulai dari melakukan pengecekan terhadap kondisi yang rawan terjadinya kebakaran, seperti kompor, aliran listrik, dan  setiap kali akan meninggalkan rumah.

“Kebakaran yang akhir-akhir ini sering terjadi di berbagai tempat, harusnya menjadi tanda awas bagi kita semua untuk lebih waspada,” tegas Humiang

Ia juga mengingatkan, potensi kebakaran tinggi terutama di ruang terbuka yang ditumbuhi semak-semak atau alang-alang. Semak kering memicu timbulnya api karena suhu udara yang tinggi.

“Kejadian seperti itu harus bisa kita cegah sepanjang kita bisa mencegahnya dengan upaya semaksimal mungkin, selain mencegah kebakaran itu sendiri, upaya sosialisasi dan imbauan-imbauan yang terus digalakan akan mengurangi jatuhnya korban maupun kerugian secara materi,” tutup Humiang. (estefanus)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.