Pelaksanaan Pilsang Serentak Usai Pilgub

BOLMONG,Suarasulutnews.co.id – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) mengelar Pemilihan Sangadi (Pilsang) secara serentak untuk di 94 Desa akhirnya di tundah lagi.

Pasalnya, di dalam dua bulan Kedepan ini tepatnya Desember nanti,Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ada hajatan yang lebih besar yakni Pemilihan Gubernur (Pilgub),untuk itu, di pastikan pelaksanaan Pilsang di tundah hingga Tahapan dan Pemilihan Pilgub usai.

Asisten I Pemkab Bolmong, Drs Chris Kamasaan mengatakan, Pembkab sudah rencanakan pada bulan September lalu, namun karena masih ada satu dan lain hal, termasuk beberapa regulasi yang telah di buat dan di perbaharui sehingga kembali mengalami penundaan.

“Prosesinya tetap di tunda.Karena di khawatirkan mengganggu Pelaksanaan Pilgub.”ujarnya,kamis (15/10).

Menurutnya, pada dasarnya, pihaknya sudah cukup siap sebab untuk Panitia Pilsang sendiri sudah dibentuk sejak dua pekan lalu. Demikian juga persoalan anggaran,uang mana, Pemerintah Bolmong sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp; 3 Miliar Rupiah melalui APBD.

“Kita tinggal menuggu waktunya namun tetap menyesuaikan juga dengan momen,” Kata kamasan.

Sedangkan peruntukan dananya lanjut kamasaan, yaitu untuk pengadaan Administrasi dan pembayaran Honor bagi para Panitia Pemilihan di 94 Desa yang melaksanakan pemilihan sangadi.

“Jika semuanya telah rampung, maka akan segera dibuka Pendaftaran Bakal calon sangadi, kemudian masing masing bakal calon nantinya akan ikut Tes Kompetensi yang akan dilaksanakan oleh pihak pemerintah daerah dan wilayah kecamatan.” Jelas Kamasaan

Ia juga menambahkan, para Calon sangadi nanti akan di uji melalui tes kompetensi dimana hal tersebut penting untuk calon seorang pengayom masyarakat.

“Bisa saja para Bakal calon Sangadi ada yang gugur dari uji kopetensi nanti, sehingga dimintakan kepada para calon agar benar benar mempersiapkan dirinya sebaik mungkin untuk menimalisir segala kebuntuhan terkait kwantitas dan kwalitas para calon.”tutupnya. (Sulhan)

 

 

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.