Rp 7,1 M Siap Tanggulangi Kebutuhan Bencana Kemarau

Drs. H.R. Makagansa MSi

Drs. H.R. Makagansa MSi

TAHUNA,Suaarsulutnews.co.ide-Pemkab Sangihe siap memanfaatkan anggaran Rp 7,1 miliyar untuk menganggulangi kebutuhan akibat bencana kemarau yang berkepanjangan. Dana Rp 7,1 miliyar tersebut merupakan bantuan pusat yang telah direalisasikan melalui Bupati Drs. H.R. Makagansa MSi saat berada di Jakarta baru-baru ini. Bupati saat dikonfirmasi, Senin (12/10) membenarkannya.

Hanya saja kata Bupati, saat ini belum bisa dirinci secara detail pembiayaan yang timbul dari dampak kemarau maupun bencana lainnya.

”Untuk saat ini belum bisa kita rinci pembiayaan dari Rp 7,1 miliyar itu, karena saat ini ada begitu banyak kebutuhan yang harus ditanggulangi akibat dampak kemarau panjang,”ungkap Bupati.

Ditambahkan, selain memperoleh Rp 7,1 miliyar, Pemkab Sangihe juga kecipratan 2 unit kapal untuk operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).”Kedua kapal tersebut nantinya akan difungsikan untuk mengevakuasi orang maupun bantuan ketika terjadi bencana,”kata Bupati.

Sementara informasi dari Kabag Humas Elenita Kapal SE,MSi, baru-baru ini Pemkab Sangihe juga turut mendapat bantuan psuat, yakni bantuan pendanaan rehabilitasi dan konstruksi pasca bencana sebesar Rp 3,5 miliyar. Menurutnya, Rp 3,5 miliyar itu merupakan dana siap pakai untuk menanganan darurat dengan jangka waktu penggunaan selama tiga bulan.

”Kita juga ada bantuan Rp 3,5 miliyar untu pendanaan rehabilitasi dan konstruksi pasca bencana,”ujar Kapal.(fb)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.