Sekda Reky Buka Pelatihan Petani,Pelaku Usaha dan Agribisnis

BOLANGITANG BARAT,Suarasulutnews.co.id –Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Drs. REKY POSUMAH, M.Si secara resmi membuka acara Pelatihan Petani, Pelaku Usaha dan Pelaku Agribisnis di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang bertempat di Aula Kantor Camat Bolangitang Barat.

Acara Pelatihan yang dilaksanakan oleh Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan petani ke arah agribisnis sehingga dapat diperoleh keuntungan usaha tani yang maksimal.

Sambutan Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah menyampaikan bahwa pembangunan pertanian merupakan bagian integral dari pembagunan Nasional sehingga perlu penanganan yang terencana dan terintegrasi antara semua lini mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah sampai dengan stakeholder terkait.

Melalui pelatihan petani dan pelaku agribisnis ini diharapkan mampu memfasilitasi pelaku utama dan pelaku usaha untuk pembelajaran dengan wadah kelompok tani agar dapat mencapai target pembangunan pertanian. Kegiatan ini diarahkan untuk peningkatan kreatifitas, produktifitas dan profesionalisme petani dan pelaku agribisnis hingga mampu membangun pertanian yang maju serta menjadi wadah jejaring pemasaran produk usaha tani.

Bupati menambahkan kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah guna mendorong pembangunan pertanian dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kalangan masyarakat tani dalam melakukan usaha tani yang berorientasi agribisnis, yang diharapkan dapat membuka wawasan, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan serta memberikan motivasi dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga masyarakat tani dan pelaku agribisnis.

Sementara itu, Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini diantaranya Kebijakan Bank Indonesia dalam memfasilitasi petani dan pelaku agribisnis, pembentukan Lembaga Keuangan mikro dan analisis usaha tani sebagai Narasumber Kepala Tim Ekonomi Keuangan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara IGNATIUS ADI NUGROHO.

Dalam kesempatan ini Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara menyerahkan secara Simbolis Bantuan berupa 1 (satu) unit Hand Tracktor kepada Kelompok Tani Setia Kawan Desa Lipubogu Kecamatan Bolangitang Timur yang diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara DR. PETER JACOBS, M.PA, disaksikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kepala BP4K Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Ir. FATMA HUMOKOR, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal Kabupaten Bolaang Mongondow Utara UTENG DATUNGSOLANG, S.Pd, M.Si serta Ketua Gapoktan Mokapog Desa Ollot Kecamatan Bolangitang Barat. Dan para peserta pelatihan yang terdiri dari Petani, pelaku usaha di Bidang Pertanian, Perikanan, Peternakan dan Kehutanan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.(andi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.