Sugeha : Bolmong Optimis PAD akan Capai Target

Sekretaris Daerah Bolmong Ashari Sugeha

Sekretaris Daerah Bolmong Ashari Sugeha

BOLMONG,Suarasulutnews.co.id- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) merasa optimis kalau Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan capai targer sebelum Tahun 2015 berakhhir. Hal itu sebagaimana di sampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Ashari Sugeha, Rabu (14/9).

Kepada Suarasulutnews.co.id,  ia mengungkapkan,berdasarkan hasi evaluasi yang ia lakukan ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang PAD nya masi jongkok sekitar 30 persen.Namun ada juga yang sudah mencapai 80 persen lebih.

“Tahun sebelumnya ada SKPD yang capaianya di atas 100 persen. Dan potensinya untuk tahun ini juga masi sama.”ungkapnya.

Sehingga dengan interval waktu tiga bulan kedepan, semua akan di pacu.

“Peluang PAD Bolmong sangat terbuka luas,sehingga kami yakin kita akan  capai 100 persen,” kata Sugeha.

Meski demikian, ia mengakui kalau keputusan peralihan pengurusan beberapa ijin dari Kabupaten ke Provinsi (Pemprov) Sulut cukup menguras pengambil Kebijakan di bolmong, namun kesukuran baginya, untuk rekomendasinya tetap masih di berih kewenangan kepada pemerintah daerah. Sehingga Hal semacam ini yang harus dipergunakan oleh instansi terkait untuk mengatur peluang PAD.

“Kita mengambil contoh, seperti ijin pertambangan semua langsung ke provinsi. Nah, disini cara melihat kreativitas dari instansi tersebut untuk mendongkrak PAD untuk Daerah,” jelasnya.

Ditempat Terpisah Bupati Bolmong Hi Salihi Mokodongan meminta agar di kondisi seperti saat ini,agar semua kepala SKPD harus lebih kreatif lagi dalam mempergunakan potensi yang ada.

“Bolmong induk sangat luas dan sumber daya alam dan potensi daerah kita sangat berar yang boleh mendapatkan PAD,tinggal tergantung kreativitas semua pimpinan SKPD,”tutup Salihi.(Sulhan)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.