Bupati Depri Pimpin Apel Bersama Tenaga Kesehatan Bolmut

BOROKO,Suarasulutnews.co.id– Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH secara langsung memimpin Apel Bersama Tenaga Kesehatan se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-51 Tahun 2015 yang bertempat di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dr. JUSNAN MOKOGINTA, MARS dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini digelar selain untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional, Apel Bersama ini juga bertujuan untuk menyatukan kembali Visi dan Misi pembangunan di Bidang Kesehatan. Hal ini sesuai dengan instruksi Bupati dimana Kesehatan merupakan salah satu sektor prioritas pembangunan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Sementara itu, Sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. DR. dr. NILA FARID MOELOEK, Sp.M (K) yang dibacakan oleh Bupati menyampaikan Tema HKN Ke-51 adalah Indonesia Cinta Sehat : Generasi Cinta Sehat, Siap Membangun Negeri. Menteri mengatakan Generasi cinta sehat adalah kita semua, Bangsa Indonesia dari berbagai usia turut serta dalam pembangunan kesehatan, mengingatkan kembali bahwa sehat itu harus dijaga, bergaya hidup sehat serta berpartisipasi aktif dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk dapat mencapai layanan kesehatan yang kuat.
Melalui Nawa Cita butir 5 (lima), Kementerian Kesehatan berkomitmen untuk mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan, kesejahteraan dan kesehatan, maka proritas pembangunan kesehatan pada periode 2015-2019 melalui Program Indonesia Sehat dengan 3 (tiga) Pilar yaitu Paradigma Sehat, Penguatan Pelayanan Kesehatan dan JKN.
JKN merupakan salah satu program Kementerian Kesehatan dalam mewujudkan Revolusi Mental melalui gotong royong dalam pembiayaan kesehatan yang merupakan solusi untuk menjamin dan memastikan masyarakat yang kurang dan tidak mampu untuk mendapatkan manfaat pelayanan kesehatan. Program Nusantara Sehat sebagai salah satu program prioritas Kementerian Kesehatan adalah program penguatan pelayanan kesehatan primer yang fokus pada upaya promotif, preventif dengan berbasis pada tim. Yang bertujuan untuk mewujudkan layanan kesehatan primer yang dapat dijangkau oleh setiap anggota masyarakat, terutama yang berada di wilayah terpencil. Seiring dengan program kesehatan yang telah dilakukan, kita masih menghadapi berbagai tantangan pembangunan kesehatan yang menjadi pekerjaan rumah untuk dapat diselesaikan.
Kemeterian Kesehatan mengapresiasi beberapa Pemerintah Kabupaten/Kota serta Provinsi yang telah menyediakan 10 % dari anggaran pembangunannya untuk kesehatan, membuat peraturan Daerah untuk kawasan tanpa Asap Rokok, membangun kota ramah lansia, memberikan insentif bagi tenaga kesehatan khususnya Puskesmas di daerah-daerah tertentu, serta terus menerus meningkatkan kompotensi petugas kesehatan agar dapat memberikan pelayanan lebih baik bagi masyarakat.
Peringatan HKN ke-51 ini merupakan momen untuk berbagi tantangan dan menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat kita semua untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan. Semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menagkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan dalam pencapaian derajat kesehatan harus menjadi konsep pembangunan Nasional kita.
Di Tahun 2015 ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara telah meraih prestasi diantaranya di Tingkat Provinsi Juara 1 Lomba Usaha Kesehatan Sekolah yang diwakili oleh SMA Negeri 1 Bintauna. Serta di Tingkat Nasional masuk sebagai Nominasi Lomba Kabupaten Sehat Tahun 2015 Kategori PADAPA dan Puskesmas Berprestasi Kategori Pedesaan yang diwakili oleh Puskesmas Mokoditek. Di Tingkat Provinsi juga masuk Nominasi lomba Desa Siaga P4K diwakili oleh Poskesdes Bunong Kecamatan Bintauna dan Puskesmas Pelayanan KIA Terbaik yang diwakili Puskesmas Ollot Kecamatan Bolangitang Barat. Dimana Pengumuman Lomba akan dilaksanakan pada Kegiatan HKN Tingkat Nasional dan Tingkat Provinsi.
Dalam acara tersebut, Bupati juga menyerahkan hadiah Pemenang Lomba Posyandu dan Lomba Perilaku Hidup Sehat se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2015, serta secara simbolis menyerahkan Piagam Kepada Pensiunan Tenaga Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Acara dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ARMAN LUMOTO, S.Ag, M.Pd.i, Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Drs. REKY POSUMAH, M.Si, Para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan SKPD, dan Tenaga Kesehatan se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.(andi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.