Pendakian Dilarang,Aktifitas Gunung Awu Naik Level Waspada

TAHUNA,Suarasulutnews.co.id-Gunung Awu Sangihe yang sekian lama tak beraktifitas atau dalam kondisi normal, Selasa (24/11) dinaikkan statusnya menjadi waspada.

Hal ini dibenarkan kepala Pos Gunung Awu, Endy Tebina kepada sejumlah wartawan. Dijelaskan, terjadi perubahan status waspada dimulai pada pukul 08.18 wita meski secara visual aktifitasnya belum terlihat apa-apa.

”Secara visual memang belum terlihat ada aktifitas, namun dalam seismik terekam ada aktifitas, hingga statusnya dinaikkan dari normal menjadi waspada,”ungkapnya.

Lantaran terjadi perubahan ke status waspada, pihak Pos Pengawas Gunung Awu juga mengeluarkan rekomendasi larangan untuk kegiatan pendakian, termasuk tak diperbolehkan ada aktifitas pertanian masyarakat dalam radius 3 kilometer.

”Jadi untuk sememtara jangan ada aktifitas pendakian di gunun Awu, termasuk juga aktifitas masyarakat disekitar jarak 3 kilometer,”tegas Tebina.
Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sangihe, Ir. Rence Tamboto ditemui terpisah juga membenarkannya.

Hanya saja ia meminta warga setempat tetap beraktiftas seperti biasanya sambl menunggu perkembangan informasi dari pihak Pos Pengawas Gunung Awu.

”Memang ada kenaikkan status menjadi waspada, namun masyarakat jangan panik atau khawatir,tetaplah beraktifitas seperti biasa selain mematuhi rekomendasi larangan beraktifitas pada jarak sekitar radius 3 kilometer dikaki gunung,”ujar Tamboto.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.