Survei IPC : BERLIAN Menang di Pilwako Tomohon

Elektabilitas Tertinggi 37.8 %, Kuasai 3 Kecamatan 

Tomohon,Suarasulutnews.co.id- Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Kota Tomohon, terhitung tinggal 30 hari lagi. Kualitas dan Elektabilitas pasangan no. 3 Calon Walikota dan Wakil Walikota Kota Tomohon, Linneke S. Watoelangkow,SSi dan Ferdinand M. Turang,S.Sos, kian memuncak.

Berdasarkan hasil survei Indoresearch Public Care (IPC), Lembaga Survei Independen berkelas nasional, pasangan yang diusung Partai Demokrat dan Gerindra ini berhasil menancapkan elektabilitas tertinggi 37.8 %.

“Mengacu pada Pilwako Tomohon 2010 periode lalu, Watulangkow berhasil meraih dukungan 20.390 suara sah (35.14 %). Jika elektabilitas terkini yang diraih pasangan berslogan BERLIAN atau Bersama Linneke-Ferdinand, dikonversikan sesuai daftar pemilih tetap (DPT) yang berjumlah 71.010, maka diperoleh angka 26.841 suara, terjadi peningkatan dukungan sebesar 6.451 suara dari pilwako sebelumnya. Ini kesimpulan kami berdasarkan prinsip Probabilitas, jika tidak terjadi “Tsunami Politik”, dapat dipastikan merekalah yang akan tampil menjadi pemenang kursi Top Eksekutif di Kota Tomohon, kata Direktur Riset dan Operasional IPC, DR.  Afendy A. Nugroho, didampingi James J. Siwi, Koordinator IPC Area Kota Tomohon, pada Senin (9/11).

Hasil survei IPC kali ini, mengambil sampel berjumlah 2.640 responden, tersebar di 5 Kecamatan dan 44 Desa/Kelurahan serta 203 TPS, berdasarkan penetapan DPT Pilwako Kota Tomohon 2015. Untuk penarikan dan pengambilan sampel menggunakan metode standar, teknik multistage random sampling, dengan perkiraan margin of eror ± 1.8 %, pada tingkat kepercayaan 95 %. Survei telah dilaksanakan sejak Oktober hingga November 2015.

Pasangan no. 3 BERLIAN, selain tetap bertengger di posisi puncak dengan elektabilitas 37.8 % pada bulan November 2015 ini, juga menguasai 3 Kecamatan. Bahkan, akumulasi dukungan di 5 Kecamatan se-Kota Tomohon, BERLIAN tertinggi diminati suara pemeluk agama; teratas 98 % didukung umat Katolik, 59 % umat Protestan, 44 % umat Budha, 41 % umat Muslim, 38 % umat Hindu dan 37 % umat Konghucu.

Sementara perolehan dukungan suara berdasarkan pilihan gender, BERLIAN didukung 55 % dari total suara perempuan dan 49 % suara laki-laki. Didukung juga sebesar 58 % suara Lansia dan 63 % suara Pemula.

Pada posisi kedua, ditempati pasangan Calon No. 2, Jimmy F. Eman dan Syerlie A. Sompotan (EMAS), yang mendapat dukungan 32.5%.

Dan terakhir, posisi ketiga ditempati pasangan Calon No. 1, Johny Runtuwene dan Vonny J. Paat (JONRU-VOP) yang memperoleh dukungan 28.1 %. Sedangkan tersisa, hanya 1.6 % yang belum menentukan pilihan.

Lebih lanjut dituturkan James J. Siwi, Koordinator IPC Area Kota Tomohon; “Survei IPC ini telah dilakukan check guarantee 30 % dari total 2.640 responden dan sudah melalui proses verifikasi, validasi dan akurasi data. Namun, untuk kesekian kalinya perlu ditegaskan, ini bukanlah final tentang pasangan calon yang dipastikan menang pada Pilwako Tomohon. Semuanya kembali tergantung pada kesiapan diri dari ketiga pasangan calon tersebut. Intinya Kualitas, Kapabilitas, Kredibilitas dan Akuntabilitas harus selaras dengan Popularitas dan Elektabilitas baik secara personal maupun berpasangan. Dan yang terpenting untuk ‘Menang Tuntas’ harus didukung juga dengan operasional peretas,” pungkasnya.(ipc/jems/jaan)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.