Asisten 1 Faridudin Buka FGD Penyusunan Naskah Akademik dan Draf Ranperda Kebersihan

Focus Group Disscution (FGD) Penyusunan Naskah Akademik dan Draft Ranperda Kebersihan yang bertempat di Kantor Lingkungan Hidup

Focus Group Disscution (FGD) Penyusunan Naskah Akademik dan Draft Ranperda Kebersihan yang bertempat di Kantor Lingkungan Hidup

BOROKO,Suarasulutnews.co.id – (21/12) Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Drs. FARIDUDIN GUMOHUNG secara resmi membuka acara Focus Group Disscution (FGD) Penyusunan Naskah Akademik dan Draft Ranperda Kebersihan yang bertempat di Kantor Lingkungan Hidup.

Acara yang digelar oleh Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ini bertujuan untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan (Stakeholders) dalam penyusunan naskah akademik dan draf Ranperda Kebersihan Kabupaten Bolaang mongondow Utara.

Sambutan Bupati Bolaang Mongondow Utara yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini. Dengan harapan dapat memberikan pemahaman dan melahirkan berbagai ide dan pemikiran strategis dalam penyusunan naskah akademik serta Ranperda sampai menjadi dasar untuk peningkatan kontribusi pendapatan serta upaya pelestarian lingkungan hidup dan sumber daya alam khususnya masalah persampahan dan kebersihan.

Tuntutan otonami Daerah untuk melakukan pembangunan yang berorentasi pada peningkatan kesejahteraan dan kemajuan Daerah tentunya memiliki konsekuensi finansial. Pendapatan Asli Daerah merupakan hal yang penting untuk dimaksimalkan. Retribusi bidang persampahan dan kebersihan merupakan salah satu bentuk retribusi yang perlu mendapat perhatian, pengaturan dan manajemen yang baik.

Sampah telah menjadi permasalahan Nasional sehingga pengelolaannya perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu agar memberikan manfaat secara ekonomi, kesehatan bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan. Untuk itu, dalam hal pengelolaan sampah diperlukan kepastian hukum, kejelasan tanggung jawab dan kewenangan Pemerintah serta peran masyarakat dan dunia usaha sehingga pengelolaan sampah dapat berjalan secara profesional, efektif dan efisien.

Bupati juga menyampaikan harapan pembahasan naskah akademik dan Ranperda pelayanan persampahan dan kebersihan ini dapat dikaji secara mendalam dengan melibatkan elemen masyarakat dan pemangku kepentingan, sehingga peran strategis atas Ranperda dapat terwujud.
Acara dihadiri oleh Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Bolaang Mongondow Utara HIDAYAT PANIGORO, S.Sos, M.Si, Kepala BPMPD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Drs. HALIFAKS OLII, SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan LSM.(andi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.