Bitung Raih Swasti Saba Wistara Penghargaan Kota Sehat

Kota Bitung kembali meraih penghargaan Kota Sehat

Kota Bitung kembali meraih penghargaan Kota Sehat

BITUNG,Suarasulutnews.co.id – Untuk ketigalinya secara berturut-turut Kota Bitung berhasil meraih penghargaan Kota Sehat Swastisaba Wistara sebagai penghargaan tertinggi bagi kota/kabuten sehat di Indonesia.

Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung, dr Vonny Dumingan,MKes mewakili Pemerintah Kota Bitung yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Prof dr Nila F Moeloek SpM Jumat (27/11) pekan lalu, di Ruang Birawa Hotel Bidakara, Jalan Jendral Gatot Subroto, Kev.71-73, Pancoran-Jakarta Selatan.Bitung menerima penghargaan tersebut bersama 141 Kabupaten/Kota Se-Indonesia.
Dalam laporannya, Sekretaris Jenderal Kemenkes, Untung Suseno Sutarjo MKes mengatakan, penghargaan yang diberikan, merupakan wujud implementasi dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-51, tanggal 12 November 2015 lalu.

“Keberhasilan pembangunan kesehatan tidak hanya ditentukan oleh hasil kerja keras sektor kesehatan saja tetapi juga didukung oleh peran serta masyarakat baik perorangan maupun instansi/lembaga, juga dipengaruhi oleh kontribusi positif berbagai pihak lintas sektor, organisasi kemasyarakatan, swasta, tokoh masyarakat dan masyarakat, demikian pula setiap upaya integrasi dan sinergisme antara pusat dan daerah, yang dikoordinasikan oleh Gubernur, Bupati/Walikota sangat mempengaruhi keberhasilan pembangunan kesehatan,”ungkapnya.

Sutarjo juga menambahkan, sebagai apresiasi terhadap peran serta berbagai pihak baik secara perorangan maupun institusi/lembaga atas pengabdian dan dedikasi dalam pembanguan kesehatan, Kemenkes menganugerahkan penghargaan bidang kesehatan.

“Malam hari ini, tanda penghargaan bidang kesehatan meliputi, 12 penerima Ksatria Bakti Husada (KBH), 9 penerima Menggala Karya Bakti Husada (MKBH), 8 penerima Mitra Bakti Husada (MBH), fasilitas kesehatan tingkat pertama, Puskesmas berprestasi, Puskesmas kategori perkotaan, Puskesmas kategori pedesaan dan Puskesmas kategori terpencil, tenaga kesehatan berprestasi, dosen Poltekes yang berprestasi dan tenaga kefarmasian pengelola obat tingkat Provinsi dan tingkat Kabupaten/Kota, pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga Nasional, juga Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat diberikan kepada 141 penerima dengan Kategori penerima tingkat Wiwerda, penerima tingkat Wistara, penerima Tingkat Padapa, dan Pembina Kabupaten Kota Sehat Tingkat Provinsi, serta penghargaan bebas malaria diberikan kepada 14 Kabupaten Kota yang telah dinyatakan bebas malaria,”ujarnya.

Pada malam penganugerahan ini, Menteri Kesehatan RI, Prof dr Nila F Moeloek SpM menyerahkan langsung penghargaan tersebut.
Sementara, Kadis Kesehatan Kota Bitung, dr Vonny Dumingan MKes, usai menerima penghargaan memberikan apresiasi terhadap tim penilai Kota Sehat Kementerian Kesehatan RI.

“Atas nama Pemerintah Kota Bitung, kami mengucapkan terima kasih kepada tim penilai Kemenkes, Forum Bitung Kota Sehat (FKS), serta seluruh warga Kota Bitung yang memberikan dukungan sehingga penghargaan ini bisa kami terima,”ungkap Dumingan, didampingi Kabid Pelkes dr Lucky Kromo dan dr Elisabeth Sompotan para kepala Puskesmas dan personil Forum Kota Sehat (FKS) Kota Bitung.

Terpisah, Ketua FKS Kota Bitung, Ir Maurits Mantiri juga memberikan apresiasi atas peran serta seluruh elemen masyarakat atas diterimanya penghargaan Bitung Kota Sehat 2015. “Penghargaan ini merupakan kerja keras bersama antara Pemerintah dan masyarakat, semoga penghargaan ini bisa kita tingkatkan lagi,”ungkap Mantiri.(estefanus)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.