Pemkab Bolmut Gelar Workshop Nasional Kerjasama Utara-Utara

Workshop Nasional Kerjasama Utara-Utara Sulawesi Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Buol yang bertempat di Auditorium Kantor Bupati

Workshop Nasional Kerjasama Utara-Utara Sulawesi Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Buol yang bertempat di Auditorium Kantor Bupati

BOROKO,Suarasulutnews.co.id–Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara bersama Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar Workshop Nasional Kerjasama Utara-Utara Sulawesi (Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Buol) yang bertempat di Auditorium Kantor Bupati.

Workshop yang mengangkat tema “Perkembangan dan Arah Kerjasama Utara-Utara Untuk Memperkuat Pangan Nasional dan Menghadapi MEA 2016” ini secara resmi di buka oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Utara DR. SONI SUMARSONO, MDM yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang SDM dan Kemasyarakatan STEVEN LIOW, S.Sos, MM.

Dalam acara tersebut dilaksanakan penandatanganan Perjanjian kerjasama antara Dinas dan Badan dengan Dekan Fakultas di UNG, diantaranya Dinas Pertanian, Peternakan, Badan Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan dengan Fakultas Pertanian, Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum dengan Fakultas Teknik, Dinas Perindagkop dengan Fakultas Ekonomi, Dinas Pariwisata dengan Fakultas Sastra dan Budaya, Dinas Perikanan dan Kelautan dengan Fakultas Perikanan, dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dengan Fakultas Ilmu Pendidikan yang kemudian disahkan oleh Bupati Bolaang Mongondow Utara, Gorontalo Utara dan Buol serta Rektor UNG.

Dalam sambutannya, Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Secara khusus, tujuan dari kerjasama ini adalah untuk mendorong akselerasi pembangunan di kawasan utara Sulawesi yang diharapkan dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memelihara kelestarian sumber daya alam serta lingkungan.

Setelah berjalan hampir satu tahun, sejak penandatanganan deklarasi kerjasama, telah dilaksanakan berbagai kegiatan, diantaranya merancang pengembangan peternakan pada 3 (tiga) kabupaten yang terlaksana atas bantuan Tim Ekspert dari PUM Netherland yang merupakan konsersium internasional dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sumberdaya yang berkelanjutan.
Dan Saat ini Bolaang Mongondow Utara, Gorontalo Utara dan Buol sedang melaksanakan kajian kerjasama utara-utara yang secara umum akan menghasilkan dokumen berupa hasil Identifikasi dari Analisis Potesi Daerah yang dapat dijadikan bahan rekomendasi dalam implementasi model program dan kegiatan pembangunan di kawasan Utara-Utara.
Sementera itu, Sambutan Penjabat Gubernur Sulawesi Utara yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur mengatakan Pemerintah Sulawesi Utara melihat bahwa ada satu kondisi aktual yang harus didorong untuk dijadikan pemicu dalam mewujudkan kawasan utara-utara Sulawesi sebagai sentra produksi teritegrasi.
Hasil dan tindaklanjut yang akan dilakukan dalam kerjasama ini harus mendapatkan dukungan dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian terkait, baik dari aspek legalitas maupun aspek hubungan arah kebijakan Pemerintah pusat dengan Pemerintah Daerah.
Presiden RI telah menggagas Konsep pembangunan Tol Maritim, dan Jika salah satunya dibangun di kawasan utara Sulawesi dan termasuk Kawasan ekonomi khusus, maka kerjasama ini akan mendukung terwujudnya pembangunan kawasan ekonomi khusus dengan menjadi penyangga sarana produksi pertanian, perikanan, perkebunan dan peternakan.
Serta gagasan Presiden dalam membangun kawasan Logistik, dimana salah satunya adalah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang merupakan penyumbang beras terbesar di Provinsi Sulawesi Utara. Hal ini merupakan hasil kerja keras dan kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat sehingga Provinsi Sulawesi Utara mendapatkan penghargaan tertinggi produksi beras pangan lokal terbaik dari Pemerintah Pusat.
Konsep Kerjasama yang strategis ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah Daerah terhadap program-program pembangunan yang dilaksnakan oleh Pmerintah Pusat. Dan diharapkan dapat berjalana secara berkelanjutan dengan dukungan dari SKPD dan masyarakat di daerah masing-masing.
Acara dihadiri oleh Rektor Universitas Negeri Gorontalo yang diwakili oleh DR. FACHRUDIN ZAIN OLILINGO, SE, M.Si, Gubernur Provinsi Gorontalo yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Drs. Hi. MITRAN TUNA, Bupati Gorontalo Utara INDRA YASIN, SH, MH, Bupati Buol dr. AMIRUDIN RAUF, Sp.OG, M.Si, Kepala Bidang Kerjasama Kementerian Dalam Negeri RI Drs. YUDIA RAMLY, M.Si, Kepala Subdit Pengendalian Residu DIRJEN Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Ir. REZA SHAH PAHLEVI, M.Sc, P.hd, Kasubag Anggaran Bagian Perencanaan SETDITJEN Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI MOH. YUSUF, S.TP, Kasie Pengawasan Pakan Direktorat Pakan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI ANDI HENDRA PURNAMA, S.PT, dan Unsur Forkopimda serta Pimpinan SKPD.(andi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply