Bupati Depri Resmikan IPAL Program Sanimas Bolangitang I

Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) Reguler Tahun 2015 di Desa Bolang Itang I

Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) Reguler Tahun 2015 di Desa Bolang Itang I

BOLANGITANG BARAT,Suarasulutnews.co.id– Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) Reguler Tahun 2015 di Desa Bolang Itang I yang bertempat di Kantor Desa Bolang Itang I.

Pembangunan program Sanimas ini terselenggara atas kerja sama Masyarakat dengan Satuan Kerja Pengembangan Air Minum dan Sanitasi Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan secara swakelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Lagongo Desa Bolang Itang I.

Program Sanimas di Desa Bolang Itang I ini memilih teknologi IPAL Komunal yang akan mengolah limbah rumah tangga, dimana sebagian besar masyarakat memiliki jamban dengan septiktank cubluk yang berpotensi mencemari air tanah dan masalah kesehatan.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan apresiasi kepada KSM dan semua pihak yang telah bekerja sama membangun prasarana sanitasi ini. Melalui program Sanimas ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran sanitasi dan penerapan praktek hidup bersih dan sehat masyarakat, serta kapasitas masyarakat dan lembaga masyarakat dalam perencanaan dan pembangunan layanan sanitasi yang berkelanjutan.

Bupati mengatakan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara merupakan daerah yang bertekad untuk memperbaiki kondisi sanitasinya. Tekad tersebut dibuktikan dengan bergabung dalam program percepatan pembangunan sanitasi pemukiman yang salah satunya telah dibagun di Desa Bolang Itang I.

Bupati juga menghimbau masyarakat untuk dapat memanfaatkan prasarana IPAL Komunal ini sehingga kondisi sanitasi menjadi lebih baik dan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat. Serta fasilitas yang sudah dibangun ini tetap dipelihara dan dirawat. Untuk itu, perlu dibentuk Pengurus dalam mengoperasikan dan memelihara sarana ini agar tetap berfungsi dengan baik.

Acara persemian dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan SKPD, Kepala Satuan Kerja Pengembangan Air Minum dan Sanitasi Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Utara HALID SALEH, ST, MMT, Camat Bolangitang Barat, , Tenaga Fasilitator Lapangan, Sangadi, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Desa Bolang Itang I.(andi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.