Bupati Rene Sidak di Puskesmas dan RSUD Amurang

Pj Bupati Minsel, Ir Peter Rene Hosang, M.Si Mengunjungi RSUD Amurang di Desa Teep Trans Kecamatan Amurang Barat. Bupati disambut Direktur Utama RSUD Amurang, dr Edwin Schouten

Pj Bupati Minsel, Ir Peter Rene Hosang, M.Si Mengunjungi RSUD Amurang di Desa Teep Trans Kecamatan Amurang Barat. Bupati disambut Direktur Utama RSUD Amurang, dr Edwin Schouten

AMURANG,SSN– Pelaksana Tugas Penjabat Bupati Kabupatten Minahasa Selatan(Minsel) Ir.Rene Pete Hosang,Msi melakukan Inspeksi Mendadak(Sidak) di Puskesmas Amurang untuk melihat langsung bagaimana pelayanan Puskesmas tersebut kepada masyarakat Menariknya, sebelum bertemu dengan Kepala Puskesmas Amurang, Bupati Minsel melakukan pembicaraan khusus dengan beberapa pasien yang ternyata sudah sejak pukul 10.00 Wita, namun sampai pukul 11.30 Wita belum mendapat pelayanan dari para dokter di Puskesmas Amurang.
“Kenapa bisa terjadi, apakah Puskesmas Amurang kekurangan dokter? Ataukah, Puskesmas Amurang juga kekurangan obat-obatan. Jadi, bila benar pelayanannya tidak memuaskan harus diperbaiki,’’tegas Pj bupati Hosang. Kata Hosang, kedatangan di Puskesmas Amurang lantaran ada laporan warga. Juga, disejumlah media cetak dan online bahwa pelayanan Puskesmas Amurang banyak masalah. Oleh sebab itu, saya harus turun dan melakukan inspeksi mendadak.
“Saya juga melihat dari dekat, banyak pasien yang belum mendapat giliran pelayanan oleh para dokter,’’katanya. Saat ditanya kepada Plt Kepala Dinas Kesehatan Minsel, Martje Pontoh menjelaskan, bahwa tidak ada kesengajaan dalam pelayanan di Puskesmas Amurang. Hanya saja, karena banyaknya pasien, sehingga terjadi penundaan atau harus menunggu giliran.
“Saya bantah kalau menyebut, pelayanan sejumlah puskesmas di Minsel bermasalah. Apa yang disampaikan warga itu tidak sesuai. Bahwa, pelayanan para dokter dan staf di semua puskesmas berjalan dengan baik. Termasuk soal keluhan warga atas pelayanan puskesmas tidak benar. Anda bisa melihat semua pelayanan yang ada di Puskesmas Amurang. Yang pasti, kalau banyak pasien harus antri panjang,’’jelas Pontoh.
Plt Lurah Ranomea, Bobby M mengaku tidak demikian apa yang terjadi di Puskesmas Amurang. “Saya yang saat ini menjadi pasien, karena sakit harus antri panjang. Jadi memang, harus demikian menunggu. Bukan karena saya Lurah Ranomea, terus langsung mengambil kesempatan untuk mendapatkan pelayanan lebih dulu,’’sebutnya.
Penjabat Bupati Juga Sidak di RSUD Amurang.
Usai melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Puskesmas Amurang, Pj Bupati Minsel, Ir Peter Rene Hosang, M.Si juga melakukan hal yang sama di RSUD Amurang di Desa Teep Trans Kecamatan Amurang Barat. Bupati disambut Direktur Utama RSUD Amurang, dr Edwin Schouten dan sejumlah staf. Saat berada di RSUD Amurang, Pj Bupati Hosang melakukan pantauan dibeberapa ruangan yang ada di RSUD Amurang tersebut. Bupati pun langsung mendapat arahan dari Dirut RSUD Amurang tanpa ada masalah. Bahkan, penyampaian dokter Schouten pelayanannya mendapat simpatisan pasien dan pengunjung. Pj bupati Hosang saat berada di RSUD Amurang mengaku bangga dengan pelayanan RSUD Amurang.
Karena memang, ternyata selama kepemimpinan Dirut RSUD Amurang, ternyata simpatisan pasien dan pengunjung untuk rumah sakit daerah tersebut.
“Belum ada keluhan pasien saat pelayanan di RSUD Amurang. Hanya saja, disejumlah Puskesmas di Minsel yang menjadi keluhan utama. Sebagai contoh, Puskesmas Amurang Timur di Ranomea, dan Puskesmas Amurang di Uwuran Dua serta Puskesmas Tumpaan di Tumpaan. Oleh sebab itu, kami berharap pelayanan di beberapa puskesmas di Minsel itu dapat ditingkatkan. Lagipula, kenapa saya harus turun. Karena, jelas ada laporan masyarakat,’’jelas bupati yang juga Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulut. Direktur Utama RSUD Amurang, dr Edwin Schouten berterima kasih kepada Pj Bupati Hosang yang sudah melakukan sidak di RSUD Amurang.
“Seharusnya, pak bupati melakukan inspeksi seperti ini. Supaya, kinerja para dokter dan staf yang ada bisa ditingkatkan lagi. Sekali lagi, atas nama jajaran RSUD Amurang mengucapkan banyak terima kasih kepada pak bupati,’’ucap dokter Schouten.(jaan)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.