Fraksi Gerindra dan PKPI Akan PTUN APBD Sangihe

TAHUNA,SSN-Meski telah dibahas dan diketuk DPRD, termasuk telah dikonsultasikan dengan Pemprop Sulut, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sangihe 2016 akan dilapor ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), sekaligus penggunaan APBD terancam kembali ke APBD 2015.
Dua fraksi yang tak dihadirkan dalam pembahasan RAPBD,yakni Fraksi Gerindra dan Fraksi PKPI yang akan mem-PTUN-kan APBD tersebut.
Hal ini dibenarkan Wakil Ketua DPRD Sangihe asal Gerindra,Frejon Sampakang serta Ketua Fraksi PKPI, Dolfuto Jones Taramen dikonfirmasi wartawan di kantor DPRD Sangihe, Senin (18/01)
kemarin.
”Tinggal menunggu APBD ditandangani Gubernur, kami langsung akan melaporkannya ke PTUN,”ungkap keduanya.
Sementara ditegaskan Sampakang, alasan untuk mem-PTUN ABPD 2016, tak lain karena DPRD tak melakukan evaluasi sekaligus pembahasan kembali setelah APBD dikonsultasikan ke Pemprop Sulut, padahal jelas-jelas sudah ada SK Gubernur untuk mengevaluasi kembali APBD tersebut.
Ia mengakui Ketua DPRD Benhur Takasihaeng pada tanggal 31 Desember pukul 18.00 wita sempat megundang untuk melaksanakan evaluasi, hanya saja undangan yang sampai kesejumlah anggota Badan Anggaran (Banggar) hanya lewat sms, hingga hanya 5 anggota Banggar yang hadir, karena saat itu juga bertepatan ada kegiatan ibadah akhir tahun dimasing-masing gereja.
”Saya sendiri juga hadir pada rapat evaluasi itu, namun saya tak menandatangani daftar hadir, karena saya lihat hanya ada 4 anggota Banggar, jadi saya anggap tidak dilakukan evaluasi hingga saya berani mem-PTUN APBD itu,”tegas Sampakang.
Ketua DPRD, Benhur Takasihaeng menanggapi tenang ancaman Sampakang Cs saat dikonfirmasi. Menurut dia, evaluasi sudah dilakukan pada tanggal 31 Desember 2015, lantaran SK Gubernur baru masuk tanggal 29 Desember.
”Mengapa evaluasi dilakukan tanggal 31 Desember, karena SK Gubernur yang memuat item-item untuk dievaluasi nanti masuk tanggal 29 Desember, jadi waktunya sangat kasip. Pak Sampakang sendiri kan hadir saat rapat evaluasi, jadi tak mengapa kalau ia mau mem-PTUN-kan,”ujar Takasihaeng.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.