Musim Hujan, Pemkab Ingatkan Warga Waspada DBD

Kepala Dinkes Bolmong dr.Rudiawan

Kepala Dinkes Bolmong dr.Rudiawan

Bolmong,Suarasulutnews.co.id – Dengan Cura hujan yang cukup tinggi di akhir-akhir ini di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) ini pelu di waspadai. Dimana, selain berpotensi menimbulkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, situasi ini juga di khawatirkan dapat menyebabkan munculnya penyakit seperti Demam Berdara Dengue (DBD).
Untuk itu, Pemkab Bolmong melalui Dinas Kesehatan Kabupaten, mengeluarkan peringatan warga supaya waspada.Kepada Suarasulutnews.co.id, Kepala Dinkes Bolmong dr.Rudiawan mengatakan, nyamuk demam berdarah atau nyamuk aides aigepty dapat leluasa berkembang biak dengan cepat di tempat tempat genagan air. seperti di kubangan-kubangan di samping ataupun belakan rumah, ember, kantong bekas, kaleng, dan barang lainnya yang dapat menampung air.

“Kami harap, dengan pengumuman soal pencegahan ini, dapat di perhatikan oleh warga demi kebaikan kita bersama.” ucapnya. Rabu (27/1).
Menurutnya untuk menghindari DBD sebetulnya bukan hanya tugas dari Pemerintah. melainkan dibutuhkan peran serta dari masyarakat untuk selalu berprilaku hidup sehat.

“Semua masyarakat harus menerapkan pola hidup bersih untuk menghindari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat, DBD satu diantaranya,” ujarnya.
Ia menambahkan beberapa cara masyarakat Kotamobagu untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan gerakan 3M plus yaitu, menguras, menutup, mengubur serta menghindari gigitan nyamuk, memantau semua wadah air yang dapat menjadi tempat jentik nyamuk berkembang biak.

“Perilaku Hidup Bersih Sehat atau PHBS itu perlu. Dengan demikian nyamuk demam berdarah tak akan bisa berkembang biak lagi,” ungkapnya.(Sulhan)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.