Harga Beras Meroket,Warga Makin Menjerit

Harga Beras Meroket,Warga Makin MenjeritBolmong,Suarasulutnews.co.id – Sebagai Daerah pertanian yang mendapat julukan Lumbung berasnya Sulawesi Utara (Sulut) rupanya tidak menjamin harga beras di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terjangkau. Buktinya, sejak sepekan terakhir ini, di pasaran harga beras menembus angka Rp.12 Ribu. Hal itu pun mendapata keluhan dari sejumlah ibu rumahtanggan.
Hasil Pantauan Harian www.suarasulutnews.co.id di Pasar Kecamatan Lolak. harga beras di pasarkan biasanya di jual oleh para pedagang dengan harga Rp.10 ribu, namun saat ini di atas Rp.12 ribu.

“Kami mengambil beras dari pengusaha penggilingan beras dengan harga cukup tinggi. sehingga, dengan terpaksa kita menjualnya kembali dengan harga demikian.” terang sala satu pedagang. Selasa (23/2).
Menurutnya, kenaikan ini di picu di akibat, di kabupaten Bolmong belum musim panen.”Saat ini lahan persawahan, baru akan memasuki musim panen, sehingga, di perkirakan, harga berasa tetap akan bertahan sapai dengan dua pekan kedepan.” ucapnya.
Sementara itu, sala satu pengusahan rumah makan yang tudak ingin dikorangkan menyebutkan, kenaikan harga ini cukup membearatkanya. dimana, untuk menyeimbangkan pendapatanya, dirinya harus mengatur porsi yang harus di sajikan kepada pelangganya.

 

“Kenaikan harga, memang tak bisa di hindari. sehingga, kita pun harus mensiasatinya, biar masi ada sedikit keuntungan,”terangnya.
Meski demikian, lanjutnya lagi, dirinya sedikit khawatir. di karenakan, jika kondisi ini berkepanjangan. Pelangganya akan berkuran.

“Untuk menekan harga, sebaika ada operasi pasar dari pemerintah,”harapnya.
Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag)Bolmong Goerge Tanor berkata sudah melakukan koordinasi dengan pihak Bulog dan melakukan pemantauan di setiap pasar.

 

“Kami terus berkoordinasi dengan pihak Bulog terkait masalah kenaikanberas, tapi harus ada kesiapan pelaku usaha untuk menjual langsung berasdari Bulog. Intinya pelaku usaha dan pengecer,” tuturnya.
Selain itu, raskin belum tersalurkan sehingga mempengaruhi harga jual di pasaran. “Mungkin dalam waktu dekat ini raskin akan segera disalurkan guna mengurangi beban masyarakat,” tutup Tanor. (Sulhan)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.