Kecamatan Manganitu Agendakan Festival Tulude

Camat Manganitu Devi Rompis SPi

Camat Manganitu Devi Rompis SPi

TAHUNA,Suarasulutnews.co.id- Pemerintah Kecamatan Menganitu tahun 2016 ini mengagendakan ajang Festival Adat Tulude.

Hal ini dikatakan Camat Manganitu, Devi Rompis SPi, kepada sejumlah wartawan, Selasa (23/02)kemarin. Dijelaskan, tujuan dari kegiatan dimaksud, tak lain untuk melestarikan kekayaan budaya setempat sekaligus untuk lebih mendekatkannya kepada kalangan generasi muda serta sebagai ajang untuk menambah daya tarik pariwisata budaya daerah.

“Kami akan menggelar festival adat tulude dan direncanakan digelar pada minggu ketiga atau keempat bulan Maret Mendatang. Tujuan utamanya adalah melestarikan kekayaan budaya lokal serta lebih mendekatkanya bagi kalangan generasi muda,”terang Rompis.

Lanjut dikatakan, segmentasi atau batasan usia lebih dikhususkan bagi para pelajar, agar mereka lebih mengenal dan memahami akan makna Tulude sendiri.

“Kita fokus pada para pelajar terlebih dahulu, nanti ke depan akan kita pikirkan skop atau cakupannya lebih besar. Apalagi, animo para peserta atau warga terhadap keunikan budaya tulude cukup tinggi,”ungkap pria alumni Fakultas Perikanan, Unsrat, Manado itu.

Terpisah, Ketua Lembaga Adat Sangihe, Drs OK Makagansa, mendukung sepenuhnya kegiatan yang digagas pemerintah kecamatan Manganitu itu.

”Sangat baik bagi pelestarian budaya. Apalagi, kalau sasarannya lebih dititik beratkan pada generasi muda di daerah. Karenanya, harus ditopang dan didukung oleh semua pihak, termasuk Pemkab Sangihe,”tukas Makagansa.

Ditambahkan mantan Sekda Sangihe tersebut, kegiatan serupa diharapkan dilangsungkan di tempat lainnya di Sangihe maupun daerah lainnya yang memiliki banyak komunitas Nusa Utara .

“Kalau disemua tempat mulai dari kawasan Nusa Utara hingga daerah-daerah lain dilakukan hal yang sama, Tulude akan jadi magnet atau daya tarik utama wisata,”pungkasnya.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.