PT.PLN Topang Program Pemprov Sulut

PT.PLN Topang Program Pemprov SulutSulut,Suarasulutnews.co.id-Jajaran PT. PLN Suluttenggo, Senin (29/02) melakukan pertemuan dengan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Drs Wakil Gubernur Steven Kandouw diruang kerja Gubernur Sulut.
Dalam pertemuan tersebut, GM PT PLN Sulutenggo, Baringin Nababan melapor perkembangan kelistrikan di wilayah Sulut, dan pihaknya siap menopang program pemerintah daerah provinsi Sulut.
Baringin Nababan mengatakan, pada tahun 2018 akan ada penambahan 150 MW dari pembangik listrik di likupang, namun ada sedikit kendala tumpang tindi dengan pariwisata, walau demikian dipastikan Bulan agustus nanti masalah tersebut tuntas sehingga sudah bisa dilelang. Begitu pula dengan daerah KEK dan Tateli akan kami bantu pasokan listrik. Demikian pula pada Bulan Juni nanti ada ketambahan 50 MW dari Bitung ke pulau lembe guna mendukung dunia industry dan pariwisata.

Terkait dengan masalah ijin-ijin sudah tuntas bulan Agustus sudah dikerjakan. Sementara untuk jaringan bawah laut dari hotel Grand Luley ke pulau bunaken sementara dalam proses fisibilitasi study, termasuk di lirung dan pulau salibabu studynya sudah keluar, tapi bunaken yang didahulukan. Sementara PLTU di Amurang juga turut dilaporkan oleh Baringin karena masih berurusan soal ambal, terutama untuk penampungan batu bara.

Gubernur mengatakan, kalau ada masalah-masalah krusial yang dihadapi PLN Suluttengo segera diberitahukan, Pemprov tak segan-segan membantunya termasuk hambatan kepusat nanti saya sampaikan ke direksi di Jakarta, ujarnya.

Gubernur juga membenarkan dari hasil pertemuan tadi dengan jajaran PLN Suluttenggo disepakati bersama bahwa Sulut akan ketambahan pasokan energi listrik 350 Mega Watt.

“Saya kira pada pertemuan ini dalam rangka saling mengsinkronkan program PLN yang ada di Sulut dengan program Pemprov Sulut, karena kita tau persis bahwa investasi akan masuk ke Sulut, jika ada ketersediaan energi listrik pasti mereka (Investor-red) tidak mau berinvestasi,” ungkap Gubernur.

Selain itu kata Gubernur pada pertemuan tersebut GM PLN mengatakan suplay listrik hingga sekarang belum tentu cukup maka kedepan PLN akan menambah pasokan listrik ke wilayah Sulut hingga kedesa-desa yang berkolaborasi dengan Pemprov, misalnya jaringan yang akan masuk kedesa-desa di biayai dari dana APBD sedangkan pemeliharaannya jaringan dilakukan oleh PLN sendiri, tandas mantan Ketua Banggar DPR-RI ini. Turut hadir Asisten ekonomi Pembangunan Drs Sani Parengkuan, Kaban Kesbang Pol Edwin Silangen SE MA, Kadis ESDM Ir Marly Gumalag dan Karo Ekonomi Jane Mendur SE. (Humas Pemprov Sulut).

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.