Gelar Raker Kecamatan,Bupati Serahkan Tunjangan TPAK dan Icentif Pajak

Bupati HR Makagansa serahkan TPAK dan incentif pajak

Bupati HR Makagansa serahkan TPAK dan incentif pajak

TAHUNA,Suarasulutnewsa.co.id-Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Drs. H.R. Makagansa MSi, Rabu (23/03) menggelar rapat kerja (Raker) di Kecamatan Tahuna, Tahuna Barat dan Tahuna Timur. Disela-sela raker Bupati juga menyerahkan Tunjangan Pemerintah Aparat Kampung (TPAK) selama tiga bulan bagi para kepala lingkungan dan ketua RT.

 

Selain TPAK, incentif Pajak Bumi Bangunan Perkotaan Perdesaan (PBB-P2) tahun 2015 juga diserahkan Bupati kemasing-masing camat dan lurah atas keberhasilan melunasi PBB sebelum jatuh tempo. Khusus untuk TPAK, terjadi kenaikkan cukup signifikan, seperti untuk para kepala lingkungan naik Rp 1 juta dari Rp 450 per bulan serta ketua RT naik menjadi Rp 750 ribu dari Rp 350 ribu.

 

Bupati dalam sambutannya menyampaikan 3 hal penting, pertama,  memberikan apresiasi serta terima kasih atas peran serta pemerintah kecamatan, kelurahan dan para kepala lingkungan maupun RT selaku ujung tombak pembangunan yang mampu memaksimalkan tanggung jawab pelunasan PBB sebelum jatuh tempo.

 

Kedua, diingatkan kepada masing-masing kecamatan dan kelurahan di wilayah Tahuna untuk kembali turun ke jalan menata lingkungan menyusul adanya penilaian Adipura tahun 2016. Ketiga, menyangkut permasalahan kebutuhan warga miskin di Sangihe yang mencapai 15 ribu orang, sementara dari komitmen pusat dan daerah telah disiapkan  anggaran BPJS sebanyaki 82 ribu jiwa.

 

Bupati meminta kepada setiap kelurahan dan perangkatnya kembali melakukan pendataan dan segera melaporkan jika masih ada warga miskin yang belum masuk dalam program BPJS, sehingga alokasi BPJS untuk 82 ribu jiwa dapat dimaksimalkan.

 

”Pendataan BPJS ini tugas kelurahan dan aparatnya, karena kedepan tak ada lagi warga miskin yang tak masuk BPJS, sebab BPJS sudah disiapkan bagi  82 ribu jiwa sementara data warga miskin kita hanya 15 ribu orang,”ungkap Bupati.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.