Dihadapan Para Toko Adat Bolmong ,Kapolda Berjanji Akan Memekarkan Polres Bolmong

Bupati Salihi Mokodongan, Wakil Bupati Yanni Tuuk dan Dewan Adat Bolaang Mongondow Raya (BMR) menyerahkan selempang adat, pedang adat, dan piagam sebagai tanda mengukuhkan Kapolda Sulut Brigjen Pol Wilmar Marpaung menjadi 'Bogani In Totabuan'

Bupati Salihi Mokodongan, Wakil Bupati Yanni Tuuk dan Dewan Adat Bolaang Mongondow Raya (BMR) menyerahkan selempang adat, pedang adat, dan piagam sebagai tanda mengukuhkan Kapolda Sulut Brigjen Pol Wilmar Marpaung menjadi ‘Bogani In Totabuan’

Bolmong,Suarasulutnews.co.id- Pemerintah Kabupaten (Pembkab)  Bolaang Mongondow  (Bolmong) menyambut rombongan Kapolda (Sulut) Brigjen Pol Drs Wilmar Marpaung SH, dalam rangka kunjungan kerja ke wilayah Bolaang Mongondow.

Kedatangan orang nomor satu Polda Sulut bersama jajaran petinggi Polda di Bolmong disambut secara adat, Kamis (28/04)

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Salihi Mokodongan, Wakil Bupati Yanni Tuuk dan Dewan Adat Bolaang Mongondow Raya (BMR) menyerahkan selempang adat, pedang adat, dan piagam sebagai tanda mengukuhkan Kapolda Sulut Brigjen Pol Wilmar Marpaung menjadi ‘Bogani In Totabuan’ (Ksatria Pemberani di tanah Totabuan, red).

Di tempat yang sama, Bupati Bolmong Salihi B Mokodongan SH menyatakan bahwa kunjungan orang Nomor satu di Jajaran Polda Sulut  ini sangat berharga dan sebagai silahturami antara Polri bersama Pemkab dengan para tokoh adat Bolmong. “Semoga kunjungan kerja dapat mempererat hubungan antara Pemkab Bolmong bersama para tokoh adat Bolmong dengan Polri melalui pemberian gelar adat buat Kapolda,” terangnya.

Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Wilmar Marpaung SH, usai dikukuhkan sebagai Bogani In Totabuan di Kantor Bupati Bolmong, di Lolak, meminta agar dirinya diundang jika ada perhelatan adat di BMR. “Saya akan berusaha datang. Saya dengar akan ada Festival Adat BMR disini (Lolak),’’kata Bogani In Totabuan.
Selain itu, Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Wilmar Marpaung SH, menyampaikan bahwa gelar adat ini adalah gelar kedua yang Ia terima, yakni dari Minahasa raya Tonaas Wangko Um Banua, Bolmong raya sebagai Bogani In Totabuan.
“Saya sangat berterima kasih, ini akan menjadi kenangan yang tidak bisa saya lupakan selamanya. Saya berjanji kepada seluruh yang hadir dan tua-tua adat, akan melaksanakan tugas dan kewajiban saya sebagai Bogani In Totabuan.Melalaui momen ini dapat mendorong dharma bakti saya agar memberikan pelayanan lebih baik di Bumi Totabuan dalam menjaga keamanan dan kenyamanan daerah” ucap Mantan Kapolres Bitung ini.

Jenderal bintang satu itu lantas menuturkan bagaimana upaya Polda Sulut memekarkan Polres Bolmong. Kata Kapolda, proposal pemekaran Polres Bolmong sudah ada di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemen PAN).
“Saya sudah diberitahukan oleh Para Bupati dan Walikotah bahwa Mereka sudah menyediakan lahan untuk bangunan Polres. Maka kita akan cek lagi dan Presure proposal itu (pemekaran Polres Bolmong, red) di Kemen PAN,’’ Kata Marpaung

 

Mantan Kapolres Vequeque Timor-Timur itu, juga menyatakan dukungannya terhadap pembentukan Provinsi Bolaang Mongondow Raya (PBMR), sebagai dedikasinya bagi masyarakat adat Bolaang Mongondow Raya (BMR).

“Saya bukan Putra asli BMR, asal saya Putra Medan. Tapi sepanjang hayat dikandung badan mengabdi kepada Negara, saya juga akan mendedikasikan diri kepada daerah tercinta ini,’’kata Bogani In Totabuan yang menutup pidatonya dengan Sanja dan motto; Aka oyu’on toya’ kon Tabang, dika koloban in da’un tumpang, aka oyu’on jodoh kon Tuhan, Totabuan diya’ku bi’ koliongan (Jikalau ada ikan di kolam, jangan ditutup daun nira, jikalau ada jodoh dari Tuhan, anak desa tidak saya lupakan). “Mototabian, Mototanoban bo Mototompiaan, Baku-baku sayang, baku-baku inga, baku-baku bae),’’Terang Kapolda.
Hadir dalam kegiatan ini para petinggi Polda Sulut, para Kapolres Sulut, perwakilan daerah tetangga Bolmut, Bolsel, Boltim, Kotamobagu, para Kepala SKPD Bolmong, Ketua Dewan Bolmong Welty Komaling bersama anggota, Kasdim Bolmong Mayor Inf Suwarno, mewakili Dandim Mayor Maramis, para Kapolsek Bolmong, para tokoh adat Bolmong,Para Sangadi, tokoh masyarakat, tokoh agama serta para tamu undangan.(sulhan)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.