Festival Seni Budaya Tabadine Diawali Sarasehan

Pagelaran Seni Budaya Daerah Sangihe dilakukan Jemaat GMIST Bakalaeng Kecamatan Manganitu, yakni Festival Tawoali Bakaleng Pedine (Tabadine).

Pagelaran Seni Budaya Daerah Sangihe dilakukan Jemaat GMIST Bakalaeng Kecamatan Manganitu, yakni Festival Tawoali Bakaleng Pedine (Tabadine).

Tahuna,Suarasulutnews.co.id-Gebrakkan Pagelaran Seni Budaya Daerah Sangihe dilakukan Jemaat GMIST Bakalaeng Kecamatan Manganitu, yakni Festival Tawoali Bakaleng Pedine (Tabadine).

 

Kegiatan yang akan berlangsung sampai tanggal 30 April 2016 tersebut, telah dimulai sejak tanggal 25
April dengan agenda kegiatan sarasehan Relasi Tulude dan GMIST, sekaligus tanda dibukannya kegiatan oleh ketua Sinode GMIST, Pdt. W.B. Salindeho STh.

 

Dalam sarasehan yang terpusat di gedung Gereja GMIST Bakalaeng, turut dihadiri nara sumber dari Sinode GMIST, Pdt. A.Makasaar MTh serta pemerhati sekaligus pelaku seni budaya daerah,Johanis Saul. Sementara informasi dari salah panitia kegiatan, Jefrisan Saul, kegiatan lainya yang turut ditampilkan pada Festival Tabadine, diantaranya lomba dan permainan olahraga tradisional Sangihe yang belakangan ini sudah mulai terkikis seiring berkembangan jaman.

 

”Lomba dan permainan olahraga tradisional ini sengaja diangkat kembali agar tidak punah dan dapat dimainkan oleh anak-anak dijaman skarang,”kata Saul.

 

Lanjut dikatakan, agenda festival juga turut melibatkan kalangan anak-anak, yakni lewat kegiatan pelatihan dan lomba mewarnai, termasuk pula kegiatan pelatihan dekorasi panggung bagi kalangan anak muda.

 

”Untuk kegiatan puncak tanggal 30 April, akan dilaksanakan pagelaran seni budaya Tabadine, dan akan langsung dihadiri Bupati serta tamu lainnya dari Tahuna,”terang Saul.(feleh)

Tags:
author

Author: