Ikan Sidat di Sulut Terdapat di Sungai Poigar

Ternyata Daerah Minahasa Selatan yang tepatnya di Sungai Poigar ada ikan Sidat

Ternyata Daerah Minahasa Selatan yang tepatnya di Sungai Poigar ada ikan Sidat

Amurang,Suarasulutnews.co.id-Ternyata Daerah Minahasa Selatan yang tepatnya di Sungai Poigar ada ikan Sidat yang termasuk didalam family Anguillidae atau lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan banyak daerah,ikan uling,masapi,moa ,lumbon,larak,lubang,gating,denong,mengaling dan lainnya,tetapi ikan Sidat tersebut mirip dengan ikan Belut (Sogili).

Kepada media ini,salah satu took masyarakat Karel Hendrik Lakoy mengatakan bahwa,ikan Sidat hanya ada di Sungai Poigar,karena ikan sidat tersebut sudah diteliti oleh pakar dari Jepang.

“Ya,mungkin hanya ada di sungai Poigar ikan sidat tersebut,karena pakar dari UI dan Jepang telah melakukan penelitian ikan sidat tersebut,”kaat lakoy.

Didunia ada terdapat 36 jenis ikan sidat,6jenis diantaranya terdapat diindonesia.Namun demikian hanya 2 jenis yangs erring dibudidayakan,yaitu sidat kembang(Anguilla marmorata) dan sidat anjing (Anguilla bicolor).Pergerakan ikan sidat tersebut sangat tergantung pada liuk0liuk tubuhnya yang panjangd an licin.

“Ikan sidat tersebut memiliki banya minyak kemungkinan ikan sidat tersebut obat kolestrol,”kata Lakoy.

Tubuh ikan sidat tersebut diselubungi lender dan mempunyai sisik-sisik kecil berbentuk panjang,dan tersusun tegak lurus pada poros panjangnya. “Banyak masyarakat di Desa Poigar sudah beberapa kali menangkap ikan tersebut,”tuturnya.(jaan)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.