Peringatan HUT Otda ke 20 Tahun 2016

Gaghana : Pemda Tata Seluruh Elemen Otda

Wakil Bupati kabupaten Sangihe Jabes Gaghana,SE,ME

Wakil Bupati kabupaten Sangihe Jabes Gaghana,SE,ME

Tahuna,Suarasulutnews.co.id-Upacara bendera menandai peringatan HUT Otonomi Daerah (Otda) ke 20 di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Senin (25/04) kemarin. Wakil Bupati Jabes Gaghana SE,ME berindak selaku inspektur upacara yang digelar di lapangan Gelora Santiago Tahuna, sekaligus membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahyo Kumolo.

Dalam bagian petikan sambutan Mendagri, ditegaskan kepada masing-masing Pemerintah Daerah mampu menata seluruh elemen otonomi daerah agar Indonesia tidak menjadi penonton dalam era persaingan bebas.

Upaya menataan otda kata Mendagri, berkaitan dengan telah diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dimana seluruh elemen di tanah air sudah harus siap menyambutnya.

Isi sambutan juga menginformasikan laporan World Economic Forum dan Global Competitiveness tahun 2015-2016, dari hasil survey peringkat daya saing 144 negara, daya saing Indonesia berada pada peringkat ke-37, masih berada di bawah negara Asean lainnya, seperti Singapura ke-2, Malaysia ke-18, dan Thailand ke-31.

Selanjutnya, hasil Survey Doing Businnes oleh International Finance Coorporation – World Bank tahun 2015, menyatakan bahwa untuk penyelesaian perizinan memulai usaha di Indonesia masih membutuhkan waktu rata-rata 52,5 hari, sedangkan Vietnam 34 hari, Thailand 27,5 hari, Timor Leste 10 hari, Malaysia 5,5 hari dan Singapura 2,5 hari.

Dalam kesempatan itu, Mendagri juga mengaku optimis melalui pemantapan otonomi daerah, warga Indonesia tidak akan kalah bersaing dengan warga negara lainnya dilingkup negara-negara Asean.

Sementara diakhir sambutan, Mendagri turut menyentil percepatan pencapaian program Nawacita dan mendorong pertumbuhan iklim investasi seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo saat menyampaikan arahan dikalangan Menteri, kepala Lembaga Pemerintahan Non Kementerian (LPNK, gubernur, dan bupati/walikota belum lama ini. Turut hadir dalam upacara, Sekertaris Daerah Edwin Roring SE ME, Asisten Kantor Bupati, Kepala Dinas/ Badan serta kalangan aparat sipil negara (ASN) dilingkup Pemkab Sangihe.(fb)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.