BPB Sangihe Gelar Rapat Antisipasi Letusan Gunung Awu

Adanya kenaikkan status dari waspada mejadi level level 3 oleh Pos Pengamat Gunung Awu, Badan Penaggulangan Bencana

Adanya kenaikkan status dari waspada mejadi level level 3 oleh Pos Pengamat Gunung Awu, Badan Penaggulangan Bencana

Tahuna,Suarasulutnews.co.id-Menyikapi adanya kenaikkan status dari  waspada mejadi level level 3 oleh Pos Pengamat Gunung Awu, Badan Penaggulangan Bencana (BPB), Rabu (18/05) kemarin langsung menggelar rapat koordinasi antisipasi letuan Awu.

Rapat yang digelar di ruang Serbaguna Kantor Bupati Sangihe tersebut, dipandu Asisten I, Drs. Dirgahayu Mandiangan dengan nara sumber Kepaala BPB Sangihe, Ir. Rence Tamboto serta Tim Pengawas Gunung Awu.

Materi rapat diawali dengan sosialisasi status serta pemaparan seputar karakter Awu beserta tanda-tandanya ketika akan meletus, termasuk pemetaan wilayah-wilayah rawan yang perlu secepatnya diantisipasi ketika gunung yang pernah meletus tahun 2004 itu kembali bererupi.

Sementara memasuki sesi dialog, pertanyaan langsung mengalir dari sejumlah camat yang wilayahnya rawan, seperti Camat Tabukan Utara, Kendahe, Tahuna Barat dan Camat Tahuna. Dominasi pertanyaan para camat, terfokus pada persiapan maupun langkah antisipasi ketika terjadi erupsi, seperti penyiapan transportasi angkutan darat maupun penyediaan kapal dan perahu ketika evakuasi warga harus dilakukan melalui laut.

”Kita jangan hanya fokus menyiapkan angkutan darat, kapal dan perahu juga harus siap, sebab bisa saja aliran lahar memutuskan jalan maupun jembatan,”ungkap para camat.

Dalam rapat, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga turut mendesak kecepatan penanganan antiipasi dengan meminta segera dimaksimalkannya Posko-posko maupun pusat kegiatan penanggulangan bencana lainnya, termasuk kalangan LSM dan unsur Tokoh Masyarakat juga meminta BPB secepatnya menjalin koordinasi dengan pihak terkait lainnya, seperi media massa maupun organisasi kemunikasi ORARI dan RAPI yang notabene sangat efektif menyampaikan informasi ke kahalayak seputar perkembangan Awu. Hadir dirapat tersebut, pimpinan SKPD terkait, para Camat, Forkopimda, perwakilan PDAM, PMI, serta LSM.(feleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.