Bupati JWS Irup Hardiknas Tahun 2016

Bupati Jantje Sajow Irup HardiknasTondano,Suarasulutnews.co.id – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi menjadi Pembina Upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional pada Senin 2/5 di Lapangan Manguni Sasaran, Tondano.

Upacara yang turut dihadiri oleh Wakil Bupati Ivan SJ Sarundajang, Sekdakab Jeffry Korengkeng SH MSi, Kadis Dikpora Drs Jemmy Maramis, jajaran pejabat Pemkab, diikuti oleh para ASN Pemkab, para Guru dan ribuan Siswa SD, SMP, SMA se-Tondano raya.

Dalam amanatnya, Bupati JWS membacakan sambutan Mendikbud RI Anies Baswedan PhD mengatakan bahwa Hardiknas yang kita rayakan adalah hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia. Presiden Jokowi menggariskan bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia. Beliau menyampaikan dukungan yang harus diberikan kepada anak Indonesia untuk memastikan supaya yang mereka pelajari sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Ada 3 komponen ketrampilan yang dibutuhkan yaitu kualitas karakter meliputi karakter moral antara lain nilai Pancasila, keimanan, ketakwaan, integritas, kejujuran, sopan santun, rasa belas kasih. Kedua, karakter kinerja yaitu kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih dan kepemimpinan. Komponen kedua yaitu literasi dasar, yang memungkinkan anak-anak meraih ilmu dan kemampuan yang lebih tinggi serta menerapkannya. Dan yang terakhir kompetensi, dimana anak Indonesia membutuhkan kompetensi kreativitas, berpikir kritis, memecahkan masalah dan kolaborasi, agar mampu menghadapi masalah yang kompleks di abad 21 ini, urainya.

“Dengan tema “Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita”, mari kita perluas keriaan pendidikan dan kebudayaan, kita gelorakan semangat bergerak untuk pendidikan” tutup Bupati.

Selanjutnya Bupati JWS menyerahkan Sertifikat Predikat Sekolah Indeks Integritas Penyelenggara UN yang Tinggi 2015 kepada SMKN 3 Tondano, SMKN 2 Tondano, SMK Kr Kawangkoan, SMKN 1 Tombariri, SMPN 3 Tondano dan SMPN 3 Pineleng.(angky)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.