Gunung Awu Kembali Aktif,Warga Dihimbau Tidak Beraktifitas Dalam Radius 4 KM

Gunung Api Awu Kabupaten SangiheTahuna,Suarasulutnews.co.id-Cukup lama tak menujukkan aktifitas, gunung api Awu Sangihe beberapa hari terakhir kembali bereaksi meski statusnya masih pada level siaga tiga. Demikain dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ir. Rence Tamboto kepada sejumlah wartawan, Jumat (13/05).

Terkait dengan adanya peningakatan aktifitas Awu, Tamboto juga menghimbau masyarakat, terutama kalangan petani yang biasa bercocok tanam disekitar areal Awu, untuk sementara jangan dulu beraktifitas dalam radius 4 kilometer.

”Telah terjadi peningkatan aktifitas gunung Awu, dan dihimbau bagi warga maupun kalangan pendaki jangan dulu beraktifitas disekitar Awu dalam radius 4 kilometer,”ungkapnya.

Begitupun meski status sudah dinaikkan, ia juga meminta masyarakat jangan panik atau khawatir, sebaliknya tetap melakukan aktifitas seperti biasa dan berpatokan pada informasi yang dikeluarkan BPBD. Pihaknya saat ini kata Tamboto, tetap mamantau perkembangan Awu bersama pihak Pemantau Gunung Awu, bahkan tetap bersiaga dengan membentuk Pos Komando (Poskot) Awu.

”Kami berharap warga jangan termakan isu lainnya, dan tetap beraktifitas seperti biasanya sambil berpatokan pada informasi BPBD,”ujarnya.(feleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.