Pemkab Bolmong Terus Tingkatkan Swasembada Pangan

Pemerintah Kabupaten terus mempertahankan swasembada pangan di Kabupaten tersebut. beberapa upaya dilakukan diantaranya dengan pemberian bantuan bibit padi, kedelai, kacang dan jagung kepada para Petani

Pemerintah Kabupaten terus mempertahankan swasembada pangan di Kabupaten tersebut. beberapa upaya dilakukan diantaranya dengan pemberian bantuan bibit padi, kedelai, kacang dan jagung kepada para Petani

Bolmong,Suarasulutnews.co.id- Pemerintah Kabupaten (Pembkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) terus mempertahankan swasembada pangan di Kabupaten tersebut. beberapa upaya dilakukan diantaranya dengan pemberian bantuan bibit padi, kedelai, kacang dan jagung kepada para Petani.

Pemkab melalui Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Ir Taufik Mokoginta mengajak para petani, untuk memanfaatkan bibit tanaman yang telah disalurkan.

“Tahun ini sejumlah bantuan bibit untuk pertanian, seperti bibit jagung, mulai disalurkan kepada kelompok tani. Saya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan secara baik,” harap Taufik, Jumat (27/5).

Kepada para petani, Taufik meminta agar tidak hanya terfokus pada satu jenis tanaman misalnya padi, karena masih ada tanaman lain yang masih bisa member manfaat secara ekonomi misalnya Jagung, kacang-kacangan dan kedelai.

“Kita harus bisa melakukan penanaman bibit untuk tanaman pertanian yang bervariatif, jangan hanya terfokus pada satu bibit tanaman saja,” terangnya

Sementara itu, untuk lahan tidur kata dia, seharusnya digarap menjadi lahan pertanian agar mendatangkan income.

“Karena tekad kita adalah mewujudkan program swasembada pangan secara nasional. Ini memerlukan dukungan semua pihak,” jelasnya.

Dia mengharapkan, bantuan bibit pertanian yang sudah mulai diterima kelompok tani, tidak disalahgunakan untuk kepentingan pribadi dengan cara menjualnya.

“Jangan jual bantuan bibit yang disalurkan kepada kelompok tani,” pesan Taufik.

Taufik menegaskan, bantuan kelompok tani berupa bibit ini telah diawasi oleh TNI disetiap desa. “Jika ada temuan bibit bantuan pemerintah kemudian telah dijual oleh oknum kelompok tani. Maka segera melapor kepada saya, pasti akan ditindak lanjuti kepada penegak hukum,” tutupnya. (sulhan)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.