Perayaan Pengucapan Syukur Kabupaten Minahasa Tenggara

Polres Himbau Warga Tidak Parkir Kendaraan di Badan Jalan

Kapolres Minsel AKBP Arya Perdana, SH, S.IK, MSi

Kapolres Minsel AKBP Arya Perdana, SH, S.IK, MSi

Mitra-Warga masyarakat yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara akan melangsungkan hajatan besar yakni Perayaan Pengucapan Syukur pada besok hari, Minggu (31/7).

Sebagaimana diketahui, Perayaan Pengucapan Syukur ini identik dengan suasana keramaian besar oleh datangnya ratusan bahkan ribuan tamu dari dalam maupun luar daerah yang berkunjung di kediaman sanak saudara yang merayakannya. Hal ini tentunya berimplikasi pada kerawanan kamtibmas baik kemacetan, kecelakaan lalulintas maupun kriminalitas.

Mengantisipasi segala kemungkinan tersebut, Kapolres Minsel AKBP Arya Perdana, SH, S.IK, MSi, menyerukan himbauan kepada segenap warga masyarakat, baik yang menjadi objek maupun pengunjung dalam perayaan Hari Pengucapan Syukur ini agar menumbuhkan kesadaran dan kepekaan dalam menghadapi hajatan besar ini.

“ Perayaan Pengucapan Syukur ini merupakan hajatan rutin masyarakat yang sudah menjadi tradisi ataupun budaya masyarakat di Minahasa pada Umumnya. Positifnya, perayaan Pengucapan Syukur merupakan ajang silaturahmi dalam rangka mempererat tali persaudaraan antara sesama keluarga yang berjauhan tempat tinggal. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa hajatan ini juga memiliki potensi-potensi kerawanan baik di bidang lalu lintas maupun kriminalitas. Oleh karena itu, kami menyerukan himbauan kepada segenap lapisan masyarakat, baik tuan rumah maupun tamu, untuk sama-sama menjaga stabilitas kamtibmas sebagaimana yang telah tercipta selama ini“ jelas Kapolres Minsel.

Kapolres Minsel juga menghimbau agar dalam perayaan Pengucapan Syukur ini, warga masyarakat tidak mengkonsumsi minuman keras (miras), agar terhindar dari segala hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

“ Janganlah kita mengotori hari Pengucapan Syukur ini dengan Minuman Keras, karena bisa berdampak tidak baik bagi stabilitas kemanan dan ketertiban lingkungan sekitar. Tidak lupa juga kami mengingatkan agar memperhatikan tatacara parkir kendaraan. Parkirlah kendaraan di halaman atau pekarangan rumah, jangan parkir di badan jalan karena akan menyebabkan kemacetan lalulintas yang sama-sama tidak kita inginkan” tambahnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Minsel Kompol Achmad Sutrisno,SE menekankan kepada seluruh anggota yang terlibat dalam pengamanan Pengucapan Syukur ini, agar bertindak profesional dan proporsional, jangan ragu-ragu untuk menegur bahkan menindak oknum masyarakat yang melakukan tindakan-tindakan melawan hukum, namun juga seluruh anggota agar tetap santun dalam tugas pengamanan dan tetap memperhatikan prinsip-prinsip hak asasi manusia.

“kerawanan utama pada perayaan hari pengucapan adalah kemacetan lalu lintas, saya mengharapkan kita bisa bekerja maksimal dan profesional untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi seluruh warga masyarakat” ungkap Kabag Ops.

Kasie Propam (Seksi Profesi dan Pengamanan) IPDA Rani Rorong,SE, juga kembali mengingatkan agar seluruh anggota menghindari tindakan kontra produktif di lapangan yang bisa menyakiti hati masyarakat, serta merugikan diri sendiri maupun institusi Polri.

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.