PLH Bupati Hadiri Perayaan Kulipot dan Halal Bil Halal Warga Kecanatan Lolayan

PLH Bupati Bolaang Mongodow Ashari Sugeha menghadiri perayaan hari raya Kulipot

PLH Bupati Bolaang Mongodow Ashari Sugeha menghadiri perayaan hari raya Kulipot

Bolmong – Pelaksana Harian (PLH) Bupati Bolaang Mongodow Ashari Sugeha menghadiri perayaan hari raya Kulipot yang dirangkaikan dengan Halal Bil Halal dalam rangka Idul Fitri 1437 H/2016 Masehi, oleh Pemerintah dan warga, kecamatan Lolayan, yang di pusatkan di Desa Mopa’it. Minggu (17/7) siang Tadi.

Kegiatan yang mengusung tema “Kita tingkatkan makna Ukhuwah Islamiyah, Persatuan dan kesatuan menuju masyarakat yang berbudaya dan bermasyarakat” tersebut merupakan ide kreatif masyarakat desa Mopait sejak tahun 2011, untuk memanifestasikan kearifan lokal dan moment pasca hari raya Idul fitri sekaligus perayaan halal bil halal, dengan mengangkat kuliner khas Bolmong.

Drs Ashari Sugeha dalam sambutannya mengatakan, tradisi hari raya Kulipot, merupakan kearifan lokal yang harus tetap di jaga dan di lestarikan.

“Dengan meydiakan berbagai menu khas daerah pada setiap pelaksanaan hajatan ini. tentu pelaksanaan kolipit menjadi sala satu potensi wisata kluiner yang menjadi cirikhas daerah.
Sehingga, kebiasaan ini harus tetap di jaga dan di pertahankan,” kata Ashari.

Lewat kesempatan tersebut, dirinya juga berharap semua warga untuk selalu menjaga persatuan, kesatuan, keamanan dan kedamaian di seluruh wilayah, agar tercipta suasana yang kondusif, sehingga pelaksanaan berbagai program pembangunan di Bolmong dapat berjalan dengan baik.

“Jika situasi kondusif, maka semua kegiatan pemerintah maupun kemasyarakatan akan berjalan sebagaimana yang di harapkan,” terangya.

Hadir dalam kesempatan tersebut wakil ketua DPRD, mantan bupati Hi Salihi Mokodongan , Ketua BKMT Sulut Dra Jubaeda Albugis, para asisten, kepala SKPD, Tripika Lolayan, pengurus PHBI, Sangadi, BPD, BKMT, Tokmas, Togam, Tokoh pemuda, warga masyarakat.(sulhan)

 

Tags:
author

Author: