Bupati dan Wagub Salurkan Bantuan kepada Petani Dumoga

Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung SH bersama Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw memberikan bantuan alat-alat pertanian kepada sejumlah petani Dumoga

Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung SH bersama Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw memberikan bantuan alat-alat pertanian kepada sejumlah petani Dumoga

Bolmong –  Penjabat Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung SH bersama Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw memberikan bantuan alat-alat pertanian kepada sejumlah petani Dumoga, yang berlangsung di Desa Kinomaligan Kecamatan Dumoga Tengah, Rabu (7/9).

Pada kesempatan itu Watung juga mendampingi Wagub melakukan panen, dengan mengendarai langsung mesin pengiris padi.

”Ini  adalah bagian dari kegiatan Bolmong yang saat ini menjadi program utama Pemkab Bolmong untuk meningkatakan produksi Pertanian dalam mewujudkan swasembada pangan,” kata Watung.

Watung juga menyampaikan kepada wagub, bahwa Bolmong siap memenuhi target pencapaian hasil produksi lahan persawahan seperti yang diberikan pemerintah pusat kepada daerah yang dijuluki sebagai lumbung beras. Apalagi selama ini menurut Watung, Bolmong sudah melakukan berbagai gebrakan untuk membantu proses bertani bagi para petani gabah.

“Tahun lalu saja  sudah 300 ribu gabah kering, yang kalau dikonversi ke beras setara dengan 160 ton beras,” kata Watung.

Bahkan, untuk nilai target yang disebutkan, Watung mengaku bisa mencapai hingga akhir tahun 2016 ini. “Kami sangat percaya diri, karena mulai dari perbaikan irigasi dan percetakan lahan serta pembuatan Jalan Usaha Tani (JUT) sudah kami lakukan. Karena ini juga upaya untuk mensukseskan swasembada pangan khususnya di Bolmong,”ujarnya.

Adapun bantuan yang diserahkan yakni Combina Harvester Mini kepada kelompok tani Garuda Desa Kosio Kecamatan Dumoga Tengah, dan kelompok tani Mekar Sari Desa Mopugad Selatan I Kecamatan Dumoga Utara. Alat traktor roda dua kepada kelompok tani Karya Tani Desa Toruakat Kecamatan Dumoga, dan kelompok tani Mekar Jaya Desa Kinomaligan Kecamatan Dumoga Tengah.

Bantuan benih jagung hibrida, bantuan benih padi, bantuan benih cabe dan tomat, seed cleaner, trans planser dan bibit cengkih. Turut hadir pada acara tersebut, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling SE MM, Dandim 1303 Letkol (Inf) Sampang Sihotang, sejumlah pimpinan SKPD Pemrov Sulut dan Bolmong, serta para camat dan sangadi. (sulhan)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.