Panwaskab Gelar Bimtek Bagi PPL

Bimtek PPL di buka Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Bolaang Mongondow Neni Kumayas. SIP,MH

Bimtek PPL di buka Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Bolaang Mongondow Neni Kumayas. SIP,MH

Bolmong – Panitia Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) se-Kabupaten Bolaang Mongondow telah mengikuti bimbingan teknis (bimtek) pelaksanaan pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2017 di Restoran Lembah Bening Kota Kotamobagu. Rabu (14/9).

Domana Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Bolaang Mongondow Neni Kumayas. SIP,MH.Dalam sambutannya Ketua Panwas Neni Kumayas meminta kepada seluruh jajarannya agar bekerja sesuai mekanisme pengawasan. Ia juga menekankan agar mengikuti bimtek ini dengan baik.

“Tanyakan apabila ada hal-hal yang kurang dipahami kepada narasumber agar tugas dan wewenang kita menjadi jelas” kata Kumayas

Kumayas lanjut menambahkan bahwa pengawasan merupakan proses penting dalam perlengkapan tahapan pemilihan. Ada beberapa hal yang perlu dibekali sebelum menjalankan tugas dan kewenangan dilapangan. PPL juga ujung tombak atau garda terdepan untuk mewakili negara dalam menjalankan tugas dan kewenangan khususnya kelurahan didesa.

Pimpinan Panwas Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Organisasi, Erni Mokoginta mengatakan, Bimtek ini dimaksudkan untuk membekali para PPL dalam melakukan pengawasan agar dalam bertindak nantinya tetap mengacu pada aturan-aturan yang telah ditetapkan.

“ Pada intinya Bimtek ini untuk lebih memantapkan pengetahuan para PPL dalam melaksanakan tugas. Karena PPL merupakan ujung tombak panwas ditingkat desa. Harus benar-benar dibekali dengan kemampuan yang mencukupi. Makanya kita lakukan bimtek,” kata Erni Mokoginta

Pimpinan Bawaslu Privinsi Sulawesi Utara Divisi SDM dan Organisasi Syamsurijal Musa sebagai Nara sumber dalam pembekalan pelatihan Pengawas Lapangan ( PPL ) Se Kabupaten Bolaang Mongondow tersebut mengatakan, PPL harus siap tegas dan cermat dalam melaksanakan tugas di lapangan, harus benar-benar faham tentang tugas dan tanggung jawab sebagai PPL.

“ Kalian sebagai PPL harus mampu mencermati apa yang kalian temukan dilapangan, mampu menganalisa dan membedakan setiap kejadian dilapangan, masuk dalam kategori pelanggaran atau tidak.” Ucapnya Syamsurijal pada saat membawakan materi. (Sulhan)

 

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.