BPBD Sangihe Bangun Ratusan Huntap Pengungsi Banjir

Kepala BPB Kabupaten Sangihe, Ir. Rence Tamboto

Kepala BPB Kabupaten Sangihe, Ir. Rence Tamboto

Tahuna-Penanganan pasca bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Tahuna Barat masih terus dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sangihe. Seperti saat ini, BPBD sedang terkosentrasi membangun ratusan rumah hunian tetap (Huntap) yang diperuntukan bagi korban bencana yang kehilangan tempat tinggal.

Kepala BPBD Sangihe, Ir. Rence Tamboto kepada sejumlah wartawan menjelaskan, Huntab yang dibangun dilahan pemerintah maupun lahan pribadi warga, masing-masing 152 unit untuk warga yang rumahnya rusak berat, 24 rusak sedang dan 69 rusak ringan.

”Untuk lahan Huntab disediakan pemerintah, namun ada yang lain dibangun di lahan sendiri,”ungkap Tamboto.

Dikatakan pula, kegiatan lainnya yang sedang berlangsung saat ini, yakni normalisasi sungai Kelurahan Kolongan Beha, sungai Kelurahan Akengbawi, pembangunan sejumlah jembatan yang rusak, pembuangan saluran banjir, perbaikkan jalan simpang tiga kampung Lelepu menuju kampung Lenganeng serta kegiatan padat karya berupa dana Rp 50 ribu kepada korban banjir maupun masyarakat yang membantu kegiatan penanganan bencana.

”Untuk semua kegiatan menelan anggaran Rp 17 miliyar lebih, dan khusus kegiatan padat karya dananya akan diserahkan pak Bupati pada pekan ini,”ujarnya. Ditambahkan, selain dana Rp 17 miliyar, masih ada anggaran yang diperjuangkan Bupati dan akan turun untuk penanggulangan bencana banjir dan longsor di wilayah Manganitu dan Sangihe Selatan lainnya.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.