Bupati Makagansa Himbau Warga Tetap Waspada

Drs. H.R. Makagansa MSi Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe

Drs. H.R. Makagansa MSi Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe

Tahuna- Untukmenghindari terjadinya bencana akibat banjir yang disertai longsor seperti terjadi beberapa hari yang lalu, Bupati Drs. H.R. Makagansa MSi menghimbau masyarakat khususnya yang tinggal dilokasi rawan longsor maupun rawan banjir terus waspada.

“Saat ini hujan deras terus melanda wilayah kita, jadi diingatkan kepada semua masyarakat khususnya yang tinggal di area pegunungan dan bantaran sungai yang rawan akan bencana tanah longsor dan banjir untuk terus mewaspadai diri setiap saat, agar terhindar dari hal- hal yang tidak kita inginkan,” himbau Makagansa.

Dirinya pun meminta Instansi teknis dalam hal ini Badan Penanggulangan

Bencana Daerah (BPBD), termasuk pemerintah setempat, baik Camat, Lurah maupun Kapitalaung (Kepala Kampung) selalu siaga bila ada hal buruk yang melanda masyarakat Sangihe.

“BPBD harus selalu siaga setiap saat, begitu juga instansi lainnya Dinas Pekerjaan Umum (PU) stand by bila diperlukan. Begitu pula kepada semua Camat dan kapitalaung untuk selalu berkoordinasi dan melakukan pengawasan di wilayahnya masing- masing dan secepatnya melaporkan bila ada musibah yang terjadi di wilayahnya,” ungkap Makagansa.

Sementara dari pantauan harian ini, hampir disemua wilayah Sangihe sejak pagi hari hingga menjelang

malam hujan disertai angin kencang masih saja mengancam. Sejumlah nelayan tradisinal juga mengaku urung melaut sambil menunggu cuaca benar-benar kembali normal.

”Kalau nelayan seperti kami hanya dengan perahu kecil sudah pasti tak melaut bila cuaca masih seperti ini,”ujar Lius Patuwo, nelayan asal Keluarahan Sawang Bendar Tahuna.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.